Terciduk Buang Sampah Sembarangan, 44 Pelaku Dihukum Denda atau KTP Ditahan

Tim Satgas DLHK Pekanbaru menemukan 44 pelaku pembuang sampah sembarangan pada periode Januari-Juli 2019. Mereka dijatuhi hukuman denda.

Terciduk Buang Sampah Sembarangan, 44 Pelaku Dihukum Denda atau KTP Ditahan
internet
Ilustrasi 

tribunpekanbaru.com - Puluhan warga terciduk membuang sampah sembarangan, oleh Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru selama tujuh bulan terakhir. Mereka tertangkap tangan dari Januari hingga Juli 2019.

Satgas DLHK mendapati 44 temuan tangkap tangan membuang sampah sembarangan, dan 41 di antaranya dilakukan oleh warga.

Dua temuan lainnya terdiri dari satu kasus mobil angkutan sampah ilegal yang membongkar muatan sampah di tepi jalan, serta satu lagi perusahaan yang membakar sampah sembarangan.

"Jadi total 44 temuan selama tujuh bulan ini," jelas Kepala DLHK Kota Pekanbaru melalui Kasi Penegakan Hukum Lingkungan, Rubi Adrian kepada Tribun, Kamis (1/8).

Menurutnya, mereka yang kedapatan membuang sampah sembarangan harus membayar denda. Namun yang membayar denda ini baru 25 orang pelanggar. Sedangkan 19 pelanggar lainnya belum membayarkan denda. Namun petugas masih menyita KTP para pelaku pembuang sampah sembarangan tersebut.

Banyak pelaku pembuang sampah yang keberatan didenda oleh petugas. Besaran denda ini tergantung volume sampah yang dibuang.

Besaran minimal denda yakni Rp250.000 sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru No 8 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah.

Besaran denda ini kemudian diatur dalam Peraturan Walikota Pekanbaru No 134 tahun 2018, tentang tata cara pengenaan sanksi administrasi terhadap pelanggaran perda itu.

Walau demikian, ada juga pelanggar yang langsung membayar denda kepada para petugas. Salah satu perusahaan misalnya, terpaksa membayar denda sebesar Rp500.000 karena membakar sampah sembarangan.

"Secara keseluruhan, total nominal denda yang sudah terkumpul mencapai Rp6,5 juta," terangnya.

Rubi lantas mengingatkan masyarakat agar membuang sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang sudah ada. Masyarakat bisa membuangnya sesuai jadwal, yakni pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved