Kodim Inhil Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla, Imbau Pemilik Lahan Ikut Aktif

Kodim Inhil gencar melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla yang mudah terjadi di musim kemarau ini.

Kodim Inhil Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla, Imbau Pemilik Lahan Ikut Aktif
tribun pekanbaru
Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Andrian Siregar menyapa pasukan saat apel kesiapsiagaan menanggulangi karhutla beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com - Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan kahan (karhutla) terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Inhil. Karena itu, Subsatgas 08 Kodim 0314/Inhil gencar melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, untuk memberikan kesadaran akan bahaya karhutla.

Subsatgas 08 Kodim 0314/Inhil merupakan Satgas Karhutla Kodim 0314/Inhil, sebagai satuan gabungan di bawah Korem 031/Wirabima.

Melalui jajaran Koramil di Kodim 0314/Inhil, telah disiapkan tim PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) untuk mengatasi dan melaksanakan pencegahan kebakaran-kebakaran yang terjadi di wilayah Inhil.

“Kami terus melakukan imbauan ke semua lapisan masyarakat, mulai tingkat kecamatan, kelurahan, sampai desa dan kampung-kampung. Peran masyarakat dalam penanganan dan pencegahan karhutla sangat penting,” ujar Dan Subsatgas Kodim 0314/Inhil, Letkol Inf Andrian Siregar, Jumat (2/8).

Apabila mendapat informasi mengenai pelaku pembakaran hutan, Andrian minta masyarakat untuk segera melapor kepada aparat terkait agar diproses secara hukum.

“Bila terjadi karhutla supaya dilaporkan agar cepat diatasi dan tidak meluas. Kita harus belajar dari pengalaman tahun sebelumnya. Dansub Satgas juga mengajak semua pihak untuk menangani kebakaran lahan secara bersama-sama,” ujar Andrian yang juga Dandim 0314/Inhil ini.

Selain itu, menurutnya, perusahaan juga punya andil besar dalam penanggulangan Karhutla, karena kalau bertindak sendiri pasti akan mengalami kesulitan. Andrian menilai, saat ini kesadaran masyarakat masih tergolong rendah di bandingkan dengan perusahaan yang sudah mulai hati-hati membuka lahan.

“Bersama-sama akan jadi ringan. Kita jaga alam dengan tidak membakar hutan dan lahan, maka alam pun akan menjaga kita. Saya harap mulai saat ini dan seterusnya Inhil bebas dari asap dan semua pihak bekerja sama dengan baik dalam upaya mencegah karhutla,” ujarnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved