Berita Riau

Tabur 1 Kg Benih Dalam 30 Menit, Mesin Seeder Inovasi Koptan di Rohul, Riau Melaju ke TTG Nasional

Mesin seeder, alat tanam benih sayuran kangkung, sawi dan bayam masuk nominasi TTG dan Posyantek Berprestasi tingkat Provinsi Riau tahun 2019.

Tabur 1 Kg Benih Dalam 30 Menit, Mesin Seeder Inovasi Koptan di Rohul, Riau Melaju ke TTG Nasional
istimewa
Bupati Rohul H Sukiman mengagumi mesin seeder inovasi Koptan Pematang Tebih Jaya beberapa waktu lalu. Mesin ini bakal melaju ke lomba TTG tingkat nasional di Bengkulu. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Mesin seeder, alat tanam benih sayuran kangkung, sawi dan bayam masuk nominasi TTG dan Posyantek Berprestasi tingkat Provinsi Riau tahun 2019.

Sebelumnya, alat ini diperkenalkan pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Alat yang merupakan inovasi dari Koptan Pematang Tebih Jaya ini merupakan duta Rohul, untuk lomba TTG yang ditaja Dinas PMDi Riau pada akhir pekan lalu.

Bupati Rohul H Sukiman sangat senang mendapat kabar mesin seeder ini bakal menjadi wakil Riau untuk TTG tingkat nasional.

"Memang mesinnya bagus, saya sangat terkesima melihatnya. Ini perlu diperhatikan. Inovasi yang dibuat oleh petani Pematang Tebih ini harus ditiru oleh masyarakat yang lain agar lahir inovasi-inovasi lainnya," katanya, Jumat (2/8/2019).

Sukiman berjanji akan memperhatikan dengan serius inovasi Koptan Pematang Tebih Jaya untuk persiapan ke lomba TTG tingkat nasional.

"Kita juga sudah perintahkan Kadis PMPD dan camat agar membantu persiapan ke tingkat nasional. Saya juga perintahkan untuk mengurus hak cipta dan hak paten," jelasnya.

Kades Pematang Tebih, Selamat bersyukur kelompok tani yang dibina oleh pemerintah desa tbisa masuk nominasi tingkat provinsi, dan melaju ke nasional di Bengkulu.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Syaipul yang sudah memiliki ide kreatif menciptakan mesin seeder ini. Mudah-mudahan ini awal kami untuk mencapai TTG tingkat nasional yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu," imbuhnya.

Selamat menyampaikan, pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan peserta yang akan mengikuti lomba TTG ini.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved