Takraw Riau Targetkan Juara pada Pra PON yang Sudah Mulai Digelar di Sukabumi

PSTI Riau menargetkan meraih medali emas, sekaligus meloloskan tim takraw putra dan putri Riau lolos ke PON Papua tahun depan.

Takraw Riau Targetkan Juara pada Pra PON yang Sudah Mulai Digelar di Sukabumi
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
PSTI Riau menargetkan juara pada Pra PON cabor takraw mulai digelar pada Jumat (2/8) di Sukabumi, Jawa Barat. 

tribunpekanbaru.com - Babak kualifikasi PON 2020 (Pra PON) Wilayah I Sumatra untuk cabor sepak takraw, mulai digelar di GOR Icuk Sugiarto, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (2/8) kemarin. Pertandingan ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2019 mendatang.

Tim takraw Riau sudah berada di Sukabumi sejak Rabu malam (31/7) lalu. Pengprov Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Riau memboyong 18 pemain putra dan putri plus tim pelatih. Atlet Riau sudah langsung bertanding pada Jumat kemarin.

"Kita pasang target keluar sebagai juara. Baik di nomor tim, double event, dan quadrant. Dengan begitu kita bisa memastikan dapat tiket ke PON Papua 2020," kata Pelatih Kepala tim sepak takraw Riau, H Suhartoni.

Dijelaskan, pada PON 2020 nanti, cabang sepak takraw tidak memberi ruang kepada satu provinsi untuk mengikuti semua nomor, seperti halnya pada PON 2016 Jabar lalu.

Hal ini disebabkan keterbatasan akomodasi dan anggaran. Makanya tuan rumah PON 2020 Papua dan PB PSTI, sepakat satu provinsi hanya boleh turun maksimal di dua nomor, putra dan putri.

"Artinya, jika bernasib baik, maka bisa mendapatkan 4 medali emas. Kuota dua nomor putra-putri tersebut hanya untuk dua tim yang lolos ke final masing-masing wilayah," papar Suhartoni.

Dalam Pra PON ini hanya dipertandingkan satu nomor yakni tim double event. Tim yang juara di Pra PON, pada PON 2020 nanti akan turun di nomor tim double event dan quadrant. Sedangkan runner-up akan turun di nomor double event dan beregu.

"Lalu ada kuota bagi tim yang tak masuk final, yakni akan memperebutkan satu nomor lolos PON yakni nomor beregu," terangnya lagi.

Karenanya, Suhartoni menegaskan, menjadi juara Pra PON adalah target mutlak bagi tim Riau di Sukabumi. Target tersebut dinilai tidak muluk-muluk melihat hasil latihan para atlet putra dan putri selama latihan, termasuk saat training center (TC) penuh selama sebulan jelang melawat ke Sukabumi.

Saat itu, para pemain digembleng dalam latihan yang keras untuk mencapai target tersebut, khususnya bermain di tim double event. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved