Berita Riau

Asap Mengepul Pekat di Lokasi, Karhutla di Lahan Konsesi Perusahaan di Siberuk Siak Riau

Berdasarkan data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru, Sabtu (3/8), di Kabupaten Siak terdapat 25 titik, terluas ada di Siberuk.

Asap Mengepul Pekat di Lokasi, Karhutla di Lahan Konsesi Perusahaan di Siberuk Siak Riau
istimewa
Tim Damkar BPBD Siak berjibaku memadamkan api di tengah kabut asap lahan terbakar, Minggu (4/8/2019) di Siberuk, Kecamatan Dayun, Siak. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Berdasarkan data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru, Sabtu (3/8), di Kabupaten Siak terdapat 25 titik.

Titik api terluas ada di Siberuk, tepatnya di Kilometer 9-10 Kecamatan Dayun, Minggu (4/8/2019).

Lahan ini masih mengeluarkan asap pekat dan api menjalar ke berbagai lini. Lahan terbakar di Siberuk merupakan lahan konsesi perusahaan berbasis pabrik kertas di Riau.

"Di Siberuk lumayan parah. Damkar Siak turunkan 4 cluster pemadam guna memperkuat tim satgas gabungan Kabupaten Siak untuk melakukan upaya pemadaman," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pyatna.

Pihaknya sudah melakukan sekat bakar, pembuatan embung dan melansir air dengan menggunakan mobil Damkar. Pemadaman tersebut dibantu oleh Manggala Agni, RPK PT RAPP, Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi, RPK TRC Perawang, RPK BOB PT BSP-Pertamina Hulu, PT Ekawana, TNI Polri dan relawan desa.

"Selain lahan di Siberuk, kami juga memecah tim untuk penanggulangan yang terjadi di Km 4, Jalan Baru Dayun, Km 79-80 Dayun, Kampung Paluh Sei Mempura dan Kampung Sri Gemilang Koto Gasib," kata dia.

Sementara kebakaran di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Satgas Darat Karhutla Siak mendapat bantuan water bombing dari helikopter PT Arara Abadi. Namun Satgas darat masih tetap berjibaku di lapangan karena sebaran titik api sangat cepat terjadi.

"Saya sendiri sekarang sedang bergabung dengan anggota di Km 4 jalan Baru Dayun," kata Irwan.

Komandan Regu Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Abd Salam juga mengatakan sebanyak 25 titik api terdeteksi di Kabupaten Siak. Kejadian terluas berada Siberuk, Km 9-10, Kecamatan Dayun.

"Di Siberuk itu luas. Di sana lahan konsesi perusahaan, jadi tim perusahaan itu yang melakukan pemadaman terlebih dahulu," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved