Siak

Kura-kura Dievakuasi Danramil Saat Terlihat Merangkak Hindari Api dalam Kebakaran Hutan di Siak Riau

Saat berjibaku memadamkan api bersama Kabid Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna, tiba -tiba ia melihat kura-kura hutan merangkak menghindari titik api.

Kura-kura Dievakuasi Danramil Saat Terlihat Merangkak Hindari Api dalam Kebakaran Hutan di Siak Riau
Istimewa
Danramil 03/Siak Mayor Inf Suratno mengevakuasi kura-kura di tengah kobaran api, Km4 Jalan Baru, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. 

Kura-kura Dievakuasi Danramil Saat Terlihat Merangkak Hindari Api dalam Kebakaran Hutan di Siak Riau

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Komandan Rayon Militer (Danramil) 03/Siak Mayor Inf Suratno kembali ikut melakukan pemadaman api di Km 4, Jalan Baru, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Minggu (4/8/2019).

Saat berjibaku memadamkan api bersama Kabid Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna, tiba -tiba ia melihat kura-kura hutan merangkak menghindari titik api.

"Awalnya saya tidak melihat kura-kura di tempat saya memadamkan api. Mungkin karena asap terlalu tebal dan konsentrasi pemadaman," kata Suratno kepada Tribunsiak.com.

Setelah ia membantu menembakkan air, ia melihat ada kura-kura merangkak berupaya lari dari kebakaran habitatnya.

Baca: Pasar Cik Puan Belum Jelas, Pemko Pekanbaru akan Kembalikan Aset Pemprov Riau

Suratno langsung menyelamatkan kura-kura malang itu dan melakukan evakuasi ke tempat aman. Sebab, kura-kura itu masih terlihat hidup.

"Saya melihat ada hewan kecil yang mengendap-endap berjalan lambat, sepertinya dia menyelamatkan diri dari kobaran api. Saya sedih sekali melihatnya, seperti kesusahan. Lalu saya angkat untuk memindahkan ke tempat aman," tambah Suratno.

Saat menemukan kura-kura itu, Suratno berada di tengah asap. Ia tidak sengaja melihat binatang melata itu. Ternya di titik api KM 4 itu merupakan habitat kura-kura.

"Awalnya Pak Danramil melihat. Saat dia katakan ada kura-kura kami pun iba, dan membantu melakukan evakuasi ke tempat aman," tambah Irwan Pryatna.

Menurut Irwan, kura-kura itu sedang merangkak pelan, menjauh dari Kobaran api dan asap di lahan gambut.

"Saya yang kebetulan lagi merekam hasil lerja pemadaman hari ini langsung saja mengarahkan kamera yang lagi on," tambah Irwan.

Baca: Lebih Rp 15 Miliar DAK Pekanbaru Tak Terealisasi, Walikota Ancam Copot Kepala OPD

Karhutla di Km 4 Jalan Baru, Dayun itu memamah kebun sawit dan semak belukar. Populasi kura-kura itu ada di sekitaran semak belukar daerah itu.

Sedikitnya ada 5 Ha luas lahan yang terbakar hingga Minggu sore itu.

Sementara tim pemadaman yang turun adalah Damkar BPBD Siak, Manggala Agni, masyarakat pemilik kebun, TNI dan Polri. (tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved