Takraw Riau Juara Pra PON, Tim Putra dan Putri Lolos ke PON Papua Tahun 2020

Takraw Riau sukses merealisasikan target menjuarai Pra PON di Sukabumi, sekaligus meloloskan putra dan putri ke PON di Papua.

Takraw Riau Juara Pra PON, Tim Putra dan Putri Lolos ke PON Papua Tahun 2020
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Takraw Riau berhasil jadi juara di Pra PON yang digelar di Sukabumi, Jabar. 

tribunpekanbaru.com - Target juara yang diapungkan pelatih dan pengurus Pengprov Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Riau di Pra PON Wilayah I Sumatra akhirnya terealisi. Pra PON ini digelar di GOR Icuk Sugiarto, Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

Pada Pra PON yang berakhir Senin (5/8) petang lalu, tim takraw putra-putri Riau sukses mengandaskan semua tim takraw Wilayah I Sumatra, dan naik podium untuk merengkuh tropi juara.

Pelatih kepala takraw Riau, Suhartoni, memberi apresiasi tinggi atas kerja keras seluruh tim. Terutama para pemain putra-putri. Menurutnya, hasil ini merupakan buah latihan dalam beberapa bulan yang dijalani para atlet.

“Kita juara, ini keberhasilan kita semuanya. Hasil ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat Riau," paparnya Selasa (6/8).

Dengan hasil ini, tim putra-putri Riau dipastikan turun di dua nomor utama saat PON 2020 Papua nanti, yakni nomor tim doubel event dan quadrant. Sedangkan tim putra-putri Sumbar yang menjadi runner-up akan tampil di nomor doubel event dan beregu.

Pada Pra tersebut, tim putri takraw Riau berhasil menjadi juara setelah di pertandingan terakhir menang tanpa harus bertanding alias walk out (WO) atas tim Sumatra Selatan (Sumsel). Dalam tiga pertandingan sebelumnya dengan sistem round robin, Riau berhasil mengalahkan Sumatra Barat (Sumbar), Jambi, dan Bangka Belitung (Babel) masing-masing dengan skor 3-0.

Pertandingan melawan Sumsel seharusnya dimainkan Minggu (4/8). Namun pertandingan itu terhenti akibat padamnya listrik di hampir seluruh wilayah Jabar dan DKI Jakarta. Ketika diputuskan pertandingan dilanjutkan Senin pagi, Sumsel yang sudah tak punya harapan lolos akhirnya memutuskan WO.

Sementara tim takraw putra Riau harus berjuang keras untuk mengatasi Sumut di semifinal, sebelum bertemu Sumbar di final dan akhirnya menang 2-1. Ini menjadi pertandingan terberat Riau, karena selama penyisihan Grup B hingga semifinal, selalu menang dengan skor 3-0.

Riau yang menurunkan duet Suripto dan Angga Trikusdianto, tanpa kesulitan berhasil mengatasi perlawanan Alfredo Chaniado dan Zulfahmi dua set langsung, 21-16 dan 21-16.

Sayangnya, Rizanov Kurniawan yang berpasangan dengan Darmawan/Muhammad Hafidz, kalah dari Roli Afrinaldi dan Syamsul/Zebrian dalam pertarungan tiga set 16-21, 21-15, dan 19-21.

Di regu ketiga yang merupakan penentuan, duet Pebi Saputra dan Khairul Saputra/Bratha Kusuma bisa mengatasi perlawanan Rico/Hendra dan Rino D dua set langsung, 21-15 dan 21-12. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved