Siak

VIDEO: Danramil 03/Siak Evakuasi Kura-kura Saat Padamkan Karhutla di Siak Riau

"Awalnya saya tidak melihat kura-kura di tempat saya memadamkan api. Mungkin karena asap terlalu tebal dan konsentrasi pemadaman," kata Suratno kepada

TRIBUNSIAK.COM, SIAK- Komandan Rayon Militer (Danramil) 03/Siak Mayor Inf Suratno kembali ikut melakukan pemadaman api di Km 4, Jalan Baru, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Minggu (4/8/2019).

Saat berjibaku memadamkan api bersama Kabid Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna, tiba -tiba ia melihat kura-kura hutan merangkak menghindari titik api. 

"Awalnya saya tidak melihat kura-kura di tempat saya memadamkan api. Mungkin karena asap terlalu tebal dan konsentrasi pemadaman," kata Suratno kepada Tribunsiak.com.

Setelah ia membantu menembakkan air, ia melihat ada kura-kura merangkak berupaya lari dari kebakaran habitatnya.  Suratno langsung menyelamatkan kura-kura malang itu dan melakukan evakuasi ke tempat aman. Sebab, kura-kura itu masih terlihat hidup.

Baca: Kura-kura Dievakuasi Danramil Saat Terlihat Merangkak Hindari Api dalam Kebakaran Hutan di Siak Riau

Baca: UPDATE-Wafat di Mekkah, Bukan Kuburan Biasa, Ternyata di Lokasi Ini Mbah Moen Dimakamkan!

Baca: Terekam CCTV, Liga Masuk Toko, Lalu Merangkul & Meremas Buah Dada Penjaga Toko, Kini Ia Dipolisikan

"Saya melihat ada hewan kecil yang mengendap-endap berjalan lambat, sepertinya dia menyelamatkan diri dari kobaran api.  Saya sedih sekali melihatnya, seperti kesusahan. Lalu saya angkat untuk memindahkan ke tempat aman," tambah Suratno.

Saat menemukan kura-kura itu, Suratno berada di tengah asap. Ia tidak sengaja melihat binatang melata itu. Ternya di titik api KM 4 itu merupakan habitat kura-kura. 

"Awalnya Pak Danramil melihat. Saat dia katakan ada kura-kura kami pun iba, dan membantu melakukan evakuasi ke tempat aman," tambah Irwan Pryatna.

Menurut Irwan, kura-kura itu sedang merangkak pelan, menjauh dari Kobaran api dan asap di lahan gambut. 

Karhutla di Km 4 Jalan Baru, Dayun itu memamah kebun sawit dan semak belukar.

Populasi kura-kura itu ada di sekitaran semak belukar daerah itu. Sedikitnya ada 5 Ha luas lahan yang terbakar hingga Minggu sore itu.

Sementara tim pemadaman yang turun adalah Damkar BPBD Siak, Manggala Agni, masyarakat pemilik kebun, TNI dan Polri. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved