Kualitas Udara Mengkhawatirkan, KONI Pekanbaru Wacanakan Pengunduran Porkot

KONI Pekanbaru tak memungkiri pelaksanaan Porkot 2019 bisa saja mundur dari jadwal semula, bila kualitas udara mengkhawatirkan.

Kualitas Udara Mengkhawatirkan, KONI Pekanbaru Wacanakan Pengunduran Porkot
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Pelaksanaan Porkot VII Pekanbaru 2019 yang rencananya dihelat awal September mendatang, terancam diundur. Penyebabnya, kondisi udara di Kota Bertuah dalam beberapa hari terakhir yang dinilai sudah tidak sehat.

Bahkan saking buruknya, pemerintah sudah mengeluarkan status Siaga Darurat. Kondisi ini tentunya berpengaruh pada kegiatan lain, termasuk agenda Porkot Pekanbaru.

"KONI Pekanbaru akan mengundur jadwal Porkot Pekanbaru jika kondisi udara tidak membaik. Saat ini kami masih menunggu rekomendasi Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru," kata Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil, Rabu (7/8).

Disebutkan, jika nanti terbit surat dari Diskes terkait kualitas udara yang tidak membaik, maka bisa dipastikan pelaksanaan Porkot Pekanbaru diundur. Sebaliknya, jika jelang beberapa hari pelaksanaan Porkot yakni pada 4 September kondisi udara tidak ada masalah, maka KONI Pekanbaru akan mengambil keputusan dilaksankaan atau diundur.

"Kondisi di saat ini sebagian wilayah Pekanbaru, kualitas udara di ISPU kategori sedang. Namun di wilayah Tenayan, Rumbai, dan Rumpes di atas 100 (tidak sehat). Pada posisi sedang dampaknya kepada yang rentan seperti bayi, ibu hamil, dan lansia. Tapi untuk kondisi tidak sehat, tentu akan berpengaruh kepada manusia," terangnya.

Sekadar diketahui, Porkot sekaligus menjadi ajang seleksi bagi atlet Pekanbaru untuk menghadapi Porprov X Riau tahun 2021 mendatang di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Pada Porprov nanti, KONI Pekanbaru memancang target tinggi, yaitu mengembalikan status juara umum. Karena itu, cabor yang ditandingkan pada Porkot nanti sama dengan cabor yang ditandingkan pada Porprov X Riau. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved