RS Awal Bros Gelar Lomba Bayi Sehat Sempena Pekan ASI se-Dunia dan Hari Jadinya

Rumah Sakit (RS) Awal Bros Pekanbaru, Rabu (7/8) pagi gelar lomba bayi sehat di Poli Anak RS Awal Bros, Pekanbaru.

RS Awal Bros Gelar Lomba Bayi Sehat Sempena Pekan ASI se-Dunia dan Hari Jadinya
TribunPekanbaru/Rino Syharil
Rumah Sakit (RS) Awal Bros Pekanbaru, Rabu (7/8) pagi gelar lomba bayi sehat di Poli Anak RS Awal Bros, Pekanbaru. 

RS Awal Bros Gelar Lomba Bayi Sehat Sempena Pekan ASI se-Dunia dan Hari Jadinya

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit (RS) Awal Bros Pekanbaru, Rabu (7/8) pagi gelar lomba bayi sehat di Poli Anak RS Awal Bros, Pekanbaru.

Lomba bayi sehat yang digelar dalam rangka Pekan ASI se Dunia dan HUT RS Awal Bros ke-21 itu diikuti sebanyak 30 bayi dibawah usia 2 tahun yang didampingi ibunya.

Para peserta kata dr. Engga Demartha kepada wartawan Rabu (7/8) dinilai langsung oleh 3 dokter spesialis anak dr Yustinah Sp.A, dr. Yasmi Sp.A dan dr. Desi, Sp.A.

"Kriteria lomba bayi sehat kali ini mulai dari pengetahuan ibu seputar bayi, perkembangan dan pertumbuhan bayi, imunisasi, dan yang paling terpenting adalah pemberian ASI eksklusif," ujar dr Engga.

Untuk pemenangnya tambah Engga akan diumumkan pada hari puncak, Sabtu (10/8). "Hari bersamaan itu kita juga menggelar seminar," ucap Engga.

Lebih jauh Engga juga menjelaskan, ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja, tanpa penambahan asupan lain termasuk air putih, madu ataupun susu formula selama 6 bulan.

"Sebab ASI bermanfaat dalam pertumbuhan dan perkembangan anak agar menjadi generasi yang sehat dan cerdas," ungkap Engga.

Karena begitu pentingnya ASI Ekslusif maka World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) meluncurkan Pekan ASI sedunia (World Breastfeeding Week) yang berlangsung setiap tanggal 1-7 Agustus,dengan tujuan untuk mendorong ayah dan ibu agar memberikan ASI eksklusif pada bayinya serta memberikan informasi seputar pemberian ASI dan manfaatnya.

Selain lomba bayi sehat RS Awal Bros Pekanbaru dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia yang bersempena dengan HUT ke 21 RS Awal Bros juga mengadakan rangkaian acara seperti pemeriksaan tumbuh kembang gratis, konseling menyusui gratis, konseling gizi gratis bagi ibu menyusui dan lomba foto bayi sehat.

Selanjutnya sebagai rangkaian perayaan puncak, RS Awal Bros Pekanbaru mengadakan seminar awam mengenai ASI eksklusif yang akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 10 Agustus 2019 di Awaloeddin functional hall RS Awal Bros Pekanbaru.

"Pada seminar itu kita menghadirkan Dr. dr. Dewi Robinar Sp.A (K) dan dr. Andi Nina Malarangeng Sp.OG sebagai narasumber," ungkap dr Engga.

Sedangkan untuk tema Pekan ASI kali ini adalah Ayah dan Ibu kunci keberhasilan menyusui diharapkan meningkatkan peran serta keluarga dalam mensukseskan program pemerintah mengenai pemberian ASI Eksklusif agar anak Indonesia sehat dan cerdas. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

 
Penulis: Rino Syahril
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved