Berita Riau

Sebar 25 Personel ke Lokasi Rawan Karhutla, Polres Inhu Dapat Bantuan dari Sabhara Polda Riau

Polda Riau mengirimkan 25 personel dari Sabhara untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Sebar 25 Personel ke Lokasi Rawan Karhutla, Polres Inhu Dapat Bantuan dari Sabhara Polda Riau
istimewa
Sebanyak 25 personel Sabhara dari Polda Riau yang diperbantukan di wilayah Polres Inhu berbaris di halaman Polres Inhu, Rabu (7/8/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Polda Riau mengirimkan 25 personel dari Sabhara untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Mereka akan ditempatkan di tiga Polsek yang wilayahnya termasuk rawan karhutla, seperti Polsek Kuala Cenaku, Polsek Batang Cenaku, dan Polsek Batang Gansal.

Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting melalui Ps Paur Humas Aipda Misran, Rabu (7/8/2019), mengatakan, 25 personel itu memiliki tugas melakukan tindakan preventif dan preemtif.

"Kita mendapat bantuan 25 orang Sabhara Polda Riau untuk membantu mengantisipasi karhutla. Mereka sudah tiba di Inhu semalam dan sudah ditempatkan di tiga polsek yang wilayahnya rawan karhutla," jelas Misran.

Ditambahkannya, tidak ada penentuan masa tugas 25 orang Sabhara tersebut di Kabupaten Inhu.

Misran juga menyampaikan, penanganan perkara karhutla di Polres Inhu saat ini ada berkas dua orang tersangka karhutla. Keduanya adalah Agustinus Naibaho, warga Peladangan, Simpang Lubuk Kadis, Kecamatan Peranap dan Puji Sugiono, warga Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku.

Sementara, Tempat Kejadian Perkara (TKP) dua perkara tersebut berada di dua lokasi berbeda. Agustinus Naibaho ditetapkan sebagai tersangka atas pembakaran lahan di Compartemen J 16 PT Citra Sumber Sejahtera (CSS), Desa Pauhranap, Kecamatan Peranap.

Sementara Puji Sugiono ditetapkan tersangka atas pembakaran lahan di SP 2 Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku.

Disebutkan Misran, penanganan kedua perkara tersebut saat ini masih dalam tahap penyidikan.

Dua orang tersangka saat ini masih ditahan di Polres Inhu. Untuk tersangka Agustinus Naibaho dijerat pasal 108 Jo pasal 69 ayat 1 huruf h Undang-undang RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan atau pasal 78 Jo pasal 50 ayat tiga huruf d UU RI nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved