Berita Riau

Kapolres Kaswandi Ikut Menginap di Lokasi, Pimpin Pemadaman Karhutla di Tesso Nilo Riau

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK memimpin langsung proses pemadaman dan pendinginan lahan taman nasional di Bukit Kesuma.

Kapolres Kaswandi Ikut Menginap di Lokasi, Pimpin Pemadaman Karhutla di Tesso Nilo Riau
Tribun Pekanbaru/Istimewa/Polres Pelalawan
Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK memimpin langsung proses pemadaman dan pendinginan lahan di Taman Nasional Tesso Nilo. 

TRIBUNPEKANBARU.CIM, PANGKALAN KERINCI - Api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Kabupaten Pelalawan Riau sebagian besar mulai berkurang di beberapa titik.

Kamis (8/8/2019), tim satgas gabungan fokus pemadaman di areal TNTN di Desa Bukit Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK memimpin langsung proses pemadaman dan pendinginan lahan taman nasional yang dilalap oleh api di Bukit Kesuma. Tim dari polres dibantu tim rayon kecamatan dan instansi lain berjibaku dengan si jago merah yang sempat menyebar.

"Sejak kemarin kita fokus di sini. Tadi malam kami menginap di lokasi dan pagi ini mulai pemadaman lagi bersama tim gabungan," terang Kapolres Kaswandi, Kamis (8/8/2019).

Kaswandi menerangkan, setelah melakukan pemantauan pada Rabu (7/8/2019) sore. Malamnya ia memberi briefing seluruh personel tim gabungan di tenda penginapan yang didirikan.

Untuk menyusun strategi pemadaman yang lebih efisien dan efektif serta tepat sasaran. Pagi harinya tim langsung turun ke lokasi dalam upaya pemadaman dan pendinginan.

Kaswandi mengakui, personel di lapangan kesulitan mencari sumber air dalam menyiram api karhutla.

Pihaknya terpaksa menggunakan acara manual untuk memadamkan api yakni memakai parang serta tongkat kayu maupun pelepah. Api yang tidak terlalu besar dikibas dan lokalisir agar lebih mudah dijinakkan.

"Memang kesulitan di lokasi, stok air sangat minim. Beberapa titik kita pakai alat manual saja. Yang terjangkau selang, itu yang bisa disiram," tambahnya.

Dikatakannya, hari ini di Pelalawan terpantau 8 hotspot atau titik panas dengan level confidence diatas 70 persen mencapai 6 titik atau mengarah ke titik api. Lokasi firespot tersebar di beberapa lokasi yang saat ini tengah dipadamkan oleh petugas gabungan.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved