Berita Siak

Perasaan Yelli Campur Aduk Usai Lahirkan Bayi Kembar Tiga di RSUD Tengku Rafian Siak Riau

Perasaan pasangan suami istri Yelli Suryanti dan Ruslan campur aduk dengan kelahiran bayi kembar tiga yang berjenis kelamin laki-laki.

Perasaan Yelli Campur Aduk Usai Lahirkan Bayi Kembar Tiga di RSUD Tengku Rafian Siak Riau
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Bayi kembar tiga lahir di RSUD Tengku Rafian Siak. Kelahiran kembar tiga ini merupakan kasus pertama yang ditangani rumah sakit tersebut. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Perasaan pasangan suami istri Yelli Suryanti dan Ruslan campur aduk dengan kelahiran bayi kembar tiga yang berjenis kelamin laki-laki.

Proses persalinan dengan operasi caesar itu ditangani tim dokter di RSUD Tengku Rafian Siak, Riau.

Bayi kembar tiga ini menjadi anak kedua, ketiga dan keempat bagi pasangan suami istri asal Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak ini.

Persalinan kandungan Yelli langsung ditangani oleh dokter spesialis Hendry Adi Saputra, M.Ked(OG), SpOG bersama tim medis.

Yelli masuk ruangan operasi RSUD Tengku Rafian Siak, Senin (5/8/2019), pukul 13.35 WIB. Pada pukul 13.40 WIB, bayi laki-laki pertama lahir, berlanjut 2 bayi laki-laki lagi dengan jarak masing-masing 30 detik.

Awal kehamilannya, Yelli dan suami hanya mengetahui bayi dalam kandungannya hanya kembar dua. Ternyata dalam perkembangannya, diketahui terdapat 3 janin dalam 3 kantung.

"Waktu perasaan saya bercampur aduk, antara bahagia dan juga khawatir," kata Yelli kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Pasangan dari keluarga sederhana ini sebenarnya sudah memiliki anak laki-laki yang lahir tahun 2014. Namun usia anaknya tidak berlangsung lama karena bayinya lahir prematur. Sedangkan Yelli juga mempunyai faktor genetik anak kembar.

"Keluarga besar saya memang memiliki anak kembar dua. Anak kembar tiga belum ada, baru saya," kata dia.

Yelli juga menceritakan pengalamannya saat hamil kembar tiga dan hamil anak pertama. Saat hamil anak pertama, ia mengaku bisa mengerjakan pekerjaan rumah hingga usia 9 bulan.

"Sedangkan pada hamil kembar 3 ini, saya hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah hingga usia kandungan 7 bulan. Selebihnya suami yang mengerjakan pekerjaan di rumah," kata dia.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak dr. Beny Chaeruddin, SpAn, MKes juga menambahkan, sejak 2008, RSUD Tengku Rafian Siak berdiri pihaknya belum pernah menangani kasus Kembar Tiga.

"Inilah kasus pertama dari rekap medisnya, ibu ini rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan ibu dan tiga janin yang sedang dikandung," kata dia.
Sementara dokter Spesialis Anak yang turut menangani persalinan, dr Dian, Sp.A, mengatakan kondisi ketiga bayi sehat. Namun bayi ketiga harus mendapatkan perawatan khusus di ruang neonatal 1 hari.

"Bayinya tiga, sehingga ada salah satu bayi yang asupan makanannya kurang maksimal, pada saat lahir masing - masing bayi memiliki selaput ketuban, placenta dan tali pusatnya sendiri - sendiri," kata dia.

Bayi pertama lahir dengan berat 2.500 gram dan tinggi 47 cm. Bayi kedua lahir dengan berat 2.600 gram dan tinggi 47 cm. Bayi ketiga lahir dengan berat 2.000 gram dan tinggi 46 cm.
(Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved