Berita Riau

Ahli Pidana Soroti Soal Kasus Temuan Sabu 37 Kg di Perairan Bengkalis Riau

Ahli pidana umum bidang penyidikan, DR Basuki ikut menyoroti soal kasus temuan sabu seberat 37 kg beberapa waktu lalu di perairan Bengkalis.

Ahli Pidana Soroti Soal Kasus Temuan Sabu 37 Kg di Perairan Bengkalis Riau
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi
ILUSTRASI 

Ahli Pidana Soroti Soal Kasus Temuan Sabu 37 Kg di Perairan Bengkalis Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ahli pidana umum bidang penyidikan, DR Basuki ikut menyoroti soal kasus temuan narkotika jenis sabu seberat 37 kg beberapa waktu lalu di perairan Bengkalis.

Dia menilai, kasus narkotika yang menyeret lima orang terdakwa, masing-masing Suci Ramadianto, Rojali, Iwan Irawan, Surya Darma serta Muhammad Aris tersebut, dan tengah berjalan proses hukumnya di persidangan, terindikasi lemah dalam pembuktian.

"Bukti adalah semua fakta dari rangkaian peristiwa yang harus diungkap. Semua yang terangkai itu harus terungkap," kata pria yang juga menjadi Dosen Pascasarjana di Universitas Esa Unggul, Jumat (9/8/2019).

Baca: Kronologi Warga Bentrok Saat Acara Lamaran, 1 Orang Tewas dan 5 Orang Terluka Parah di Kejadian Itu

Basuki sendiri, pernah dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang tersebut. Dia menyatakan terdapat sejumlah kejanggalan atau "missing link" dalam perkara itu.

Dimulai dari proses penangkapan dan penggeledahan kapal pompong atau kapal kayu kecil bermesin. Yang disebut menjadi lokasi penemuan barang haram tersebut.

"Kalau barang bukti narkotika itu kan katanya ditemukan masyakarat atau polisi. Maka orang yang menemukan harus diproses dan mestinya dihadirkan guna didengar keterangannya di muka persidangan, Kalau itu nggak ada berarti ada hal prinsip yang kurang," ulasnya.

Selanjutnya, dia juga menjelaskan jika para terdakwa pada saat persidangan juga sepakat mencabut berkas acara pemeriksaan (BAP) kepolisian.

Pencabutan itu karena mereka mengaku memberikan keterangan dibawah tekanan.

DR Basuki menuturkan, keterangan terdakwa bernilai pembuktian apabila disampaikan di persidangan yang disaksikan langsung hakim serta Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved