Berita Riau

Kabut Asap di Kabupaten Rohul Riau Kiriman dari Daerah Tetangga

Kabut asap menyelimuti langit Kota Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (9/8/2019). Bupati Rohul H Sukiman mengatakan bukan dari Rohul

Kabut Asap di Kabupaten Rohul Riau Kiriman dari Daerah Tetangga
TRIBUNPEKANBARU/DONNY KUSUMA PUTRA
Kabut asap mulai menyelimuti Pasirpangaraian, Jumat (9/8/2019). Bupati Rohul Sukiman menyebut asap diduga kiriman dari daerah lain. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Kabut asap menyelimuti langit Kota Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (9/8/2019).

Bupati Rohul H Sukiman mengatakan, bukan dari Rohul. Berdasarkan laporan BPBD, hingga saat ini tidak ditemukan titik api di Rohul.

"Alhamdulillah, hingga kini, titik api di wilayah kita masih nihil. Kabut asap yang menyelimuti Rohul diduga kiriman dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten tetangga," ungkap Sukiman.

Diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, dengan cara menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,sebagai tindak pencegahan agar tidak terserang infeksi saluran pernapasan.

Sukiman mengimbau kepada seluruh element masyarakat termasuk camat dan kades untuk memantau daerahnya, jangan sampai terjadi karhutla. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri yang juga turut membantu pencegahan karhutla di Rohul.

"Kepada masyarakat, saya meminta untuk tidak melakukan pembersihan atau pembukaan lahan dengan cara membakar, karena dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbau Sukiman.

Rizal, warga Pasirpangaraian menuturkan, kabut asap terlihat jelas sejak pagi hari saat dia mengantar anak pergi sekolah. Rizal tidak tahu persis asal asap yang menyelimuti Pasirpangaraian, apakah asap ini berasal dari Rohul, ataupun dari luar daerah.

"Memang sudah agak tebal sih asapnya. Saya khawatir bisa membahayakan anak-anak sekolah, matahari juga tidak terlihat jelas," sebutnya. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved