Berita Riau

Masjid Islamic Center Rohul Riau Sudah Terima 73 Hewan Kurban, 66 Sapi dan 7 Kambing

Ketua Umum Masjid Agung Islamic Center Rohul, H Abdul Haris mengungkapkan, tahun 2019 ini,ada 73 hewan kurban di masjid tersebut

Masjid Islamic Center Rohul Riau Sudah Terima 73 Hewan Kurban, 66 Sapi dan 7 Kambing
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu tahun ini telah menerima 73ekor hewan kurban 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Ketua Umum Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu (Rohul), H Abdul Haris mengungkapkan, tahun 2019 ini, hewan kurban yang dipotong di masjid tersebut berjumlah 73 ekor.

Kurban berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Bupati Rohul, pejabat daerah, instansi, perusahaan dan masyarakat.

Dari jumlah tersebut, 66 diantaranya sapi, ditambah 7 ekor kambing dan domba.

Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada fakir miskin, masyarakat yang berada di sekitar Masjid Agung, dan masjid yang tidak memotong hewan kurban.

"Dari 73 ekor itu, hanya 22 ekor saja yang dipotong di Islamic Center. Selebihnya dibagikan ke desa-desa terpencil dan masjid-masjid yang tidak melakukan pemotongan kurban," katanya, Jumat (9/8/2019).

Abdul Haris menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mulai mendistribusikan hewan kurban ke daerah-daerah yang masjidnya tidak melakukan penyembelihan. Seperti di Sungai Bungo, lima desa perbatasan yang berada di Kecamatan Kunto Darussalam, dan desa lainnya.

Jumlah hewan kurban di Masjid Agung Islamic mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 65 ekor.

Sementara, demi kenyamanan berkurban, Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rohul menurunkan puluhan petugas pemeriksaan hewan kurban di 16 kecamatan. Demikian diungkapkan Kabid Peternakan dan Keswan, Herianto, Kamis (8/8/2019).

"Kita terjunkan ada kurang lebih 30 orang untuk memeriksa hewan yang akan dikurbankan," katanya.

Petugas akan memeriksa hewan kurban, mulai dari umurnya yang sudah genap 2 tahun untuk sapi, yang bisa di lihat dari gigi, serta kesehatan lainnya.

"Sampai saat ini belum ada laporan dan temuan penyakit ternak, termasuk di tahun 2018 juga tidak ditemukan terdapat penyakit pada hewan kurban," ungkapnya.
(Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved