Penetapan Caleg Terpilih oleh KPU Dumai Paling Lambat 14 Agustus 2019

KPU Dumai masih menunggu salinan resmi keputusan MK terkait sengketa pemilu. Setelah salinan didapat, penetapan segera dilakukan.

Penetapan Caleg Terpilih oleh KPU Dumai Paling Lambat 14 Agustus 2019
tribun pekanbaru
Darwis, Ketua KPU Dumai. 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai tengah melakukan penjadwalan Rapat Penetapan calon legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilu Serentak 2019 lalu.

Ketua KPU Dumai, Darwis, Jumat (9/8) mengatakan, rapat ini dilakukan menyusul telah adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Darwis menyebut, sudah adanya keputusan PHPU tersebut diketahui dari pemberitaan di media massa, sedangkan hasil salinan putusan masih belum diterima dari MK.

"Berdasarkan hasil putusan yang dikabarkan di media massa, bahwa MK menolak gugatan pemohon. Setelah salinan putusan nanti kita terima, maka penetapan akan dilakukan paling lambat 14 Agustus 2019," ungkapnya.

Penetapan calon anggota DPRD Dumai 2019 terpilih sempat ditunda, dikarenakan adanya gugatan terkait perselisihan hasil suara di MK. KPU Dumai sebagai pihak termohon turut serta mengikuti persidangan tersebut untuk perkara di wilayah kerja Kota Dumai.

Darwis menyebut, sepanjang proses Pemilu Serentak 2019, KPU Dumai memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada berbagai pihak yang ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu.

KPU Dumai juga sudah menyelesaikan pleno penghitungan perolehan suara legislatif medio Mei lalu, guna menentukan 30 orang anggota dewan di empat dapil dari tujuh kecamatan se-Kota Dumai.

"Walaupun terdapat gugatan dan sudah ada putusan, hasilnya tetap dan tak ada perubahan dengan hasil pleno rekapitulasi yang digelar sebelumnya," ungkap Darwis. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved