Rutan Dumai Ajukan Remisi untuk 398 Warga Binaan, Tidak Ada yang Langsung Bebas

Rumah Tahanan (Rutan) Dumai mengajukan remisi HUT RI untuk 398 warga binaan. Jumlah remisi yang diajukan bervariasi.

Rutan Dumai Ajukan Remisi untuk 398 Warga Binaan, Tidak Ada yang Langsung Bebas
internet
Rutan Dumai 

tribunpekanbaru.com - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Dumai mengusulkan 398 warga binaannya untuk mendapatkan remisi hari Kemerdekaan RI ke-74, yang jatuh pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Rutan Kelas IIB Dumai, Rindra Wardhana melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Dumai, Erika Putra Ginting mengatakan, ratusan warga binaan tersebut berkesempatan mendapatkan pengurangan masa tahanan dengan jumlah beragam.

"Sebanyak 398 warga binaan akan mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan dengan jumlah bervariasi, mulai dari satu bulan hingga lima bulan," ungkapnya pada Jumat (9/8).

Walau demikian, dapat dipastikan tidak ada warga binaan Rutan Dumai yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi.

Macam-macam remisi yang tengah diajukan tersebut, di antaranya Pengurusan Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat (PB), dan Cuti Menjelang Bebas (CMB) berjalan di Rutan Kelas IIB Dumai.

Dipaparkan, warga binaan yang namanya diajukan untuk mendapatkan remisi tersebut, dinilai sudah memenuhi aturan dan persyaratan seperti yang ditentukan. Misalnya berkelakuan baik, tidak sedang menjalani hukuman disiplin setidaknya enam bulan terhitung sejak tanggal pemberian remisi.

Erika Putra menjelaskan, jumlah warga binaan yang diajukan untuk menerima remisi selama satu bulan ada 92 orang, remisi dua bulan ada 88 orang, remisi tiga bulan ada 90 orang, remisi empat bulan ada 58 orang, dan remisi lima bulan ada 70 orang.

"Pemberian remisi ini akan sangat berdampak dalam mengurangi tingkat hunian yang tinggi. Dengan demikian, tingkat kepadatan di dalam Rutan dapat dikurangi," sebutnya.

"Selain itu, pemberian remisi ini juga merupakan sarana dalam meningkatkan kualitas diri warga binaan, sekaligus motivasi untuk mereka dalam bertingkah laku," terangnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved