Breaking News:

Tribun WIKI

Sempat VIRAL, Kampung Toga Mempura Riau Suguhkan Anjungan Swafoto dan Spot Terbaik untuk Selfie

Sempat viral, Kampung Toga Mempura di Kampung Tengah Kecamatan Mempura Riau suguhkan anjungan swafoto dan spot terbaik untuk selfie

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Sempat VIRAL, Kampung Toga Mempura Riau Suguhkan Anjungan Swafoto dan Spot Terbaik untuk Selfie 

Sempat VIRAL, Kampung Toga Mempura Riau Suguhkan Anjungan Swafoto dan Spot Terbaik untuk Selfie

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sempat viral, Kampung Toga Mempura di Kampung Tengah Kecamatan Mempura Riau suguhkan anjungan swafoto dan spot terbaik untuk selfie.

Objek wisata baru yang dikembangkan sekelompok pegiat Tanaman Obat Keluarga (Toga) Kampung Adat Kampung Tengah itu kini semakin indah.

Baca: JADWAL PLENO Penetapan Caleg Terpilih Pileg 2019, Daftar Nama Anggota DPRD Riau Hasil Pileg 2019

Baca: BAYI KEMBAR TIGA di Riau, Lahir di RSUD Tengku Rafian, Kasus Pertama dan Anak Suami Istri di Siak

Baca: MENIKAH dalam Penjara, Kisah Cinta Tersangka Pengedar Narkoba di Kampar Riau, Berikan Mas Kawin Ini

Baca: SISWI SD di Bengkalis Riau Dicabuli Siswa SD dan Siswa SMP serta Pemuda 20 Tahun, Lokasinya Misteri

Baca: IMIGRAN dan Pengungsi Pencari Suaka dari Berbagai Negara Demonstrasi di Kantor IOM Riau

Tak hanya dihias lebih dari 110 jenis tanaman obat yang kaya manfaat bagi kesehatan, namun juga berkat pengembangan spot untuk berswafoto bagi pengunjung serta perluasan areal kampung toga hingga ke tepian sungai Siak.

Maisarah, Duta Toga Kampung bercerita awalnya Kampung Toga tersebut diinisiasi sekelompok ibu-ibu di Kampung Adat Kampung Tengah Mempura.

Awalnya sebagai persiapan untuk mengikuti lomba Toga Tingkat kabupaten Siak pada April lalu.

Namun seiring waktu, penataan tanaman dan ornamen yang apik, hasilnya di luar dugaan, sehingga mendapat sambutan meriah dari masyarakat.

“Sosial media pada waktu itu sempat ramai dengan postingan Tanaman Toga di Kampung Tengah ini. Alhamdulillah dalam waktu seminggu libur lebaran saja 1000 tiket masuk habis terjual. Dalam dua bulan ini tak kurang dari 2000 pengunjung datang termasuk dari wisatawan dari Malaysia, Medan dan Batam yang ikut memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat disini," cerita perempuan 42 tahun yang akrab disapa May itu.

Sempat VIRAL, Kampung Toga Mempura Riau Suguhkan Anjungan Swafoto dan Spot Terbaik untuk Selfie
Sempat VIRAL, Kampung Toga Mempura Riau Suguhkan Anjungan Swafoto dan Spot Terbaik untuk Selfie (Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra)

Dari hasil penjualan tiket, May mengaku kelompok pegiat toga yang digawangi 10 orang anggota ini berhasil mengumpulkan pemasukan lebih kurang berjumlah Rp 20 juta per bulan.

Uang yang terkumpul itu kata dia, dimanfaatkan untuk mengembangkan luas areal kampung toga dari yang sebelumnya hanya menghiasi seputaran Jalan Sempena Kelakap hingga memanjang ke Gang Binjai arah Sungai Siak.

Baca: BUKTIKAN Ucapan Soal Dicopot Jokowi Kapolres Pelalawan Menginap di Lokasi Karhutla di Riau Area TNTN

Baca: Caleg PKB dan Caleg PPP Lulus Seleksi CPNS 2018 Kuansing, Dilaporkan ke Ombudsman RI Perwakilan Riau

Baca: Keluarkan Pernyataan PEDAS Soal Jatah Menteri dari Riau, Kapitra Ampera: Harusnya Malu Dong!

“Dari uang hasil penjualan tiket itu kami jadikan biaya pembuatan dermaga dan pondok, serta beberapa spot foto di tepian Sungai Siak ini, seperti replika perahu disebelah kiri, spot swafoto di tengah dan pondok peristirahatan di sebelah kanan sana,” ujarnya.

Bupati Siak Alfedri bersama sejumlah pimpinan OPD yang mengunjungi objek wisata tersebut turut memberikan dukungan dan apresiasi secara khusus kepada kelompok penggiat Toga.

“Mudah-mudahan ikhtiar bapak dan ibu ini dapat membawa manfaat yang luas untuk menambah pendapatan keluarga, serta menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata ke Kabuaten Siak yang terus meningkat tiap tahunnya. Maka, mari berdayakan ekonomi masyarakat tempatan dengan menjual aneka kuliner dan cinderamata dan lain sebagainya,” kata dia.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri syukuran di Kampung Adat Kampung Tengah yang berhasil meraih peringkat terbaik kedua Lomba Toga untuk Tingkat Kabupaten Siak.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved