Sumbar Dapat Satu Kapal Cepat Bantuan dari BNPB untuk Evakuasi Saat Bencana

BPBD Sumbar mendapatkan bantuan satu unit kapal cepat dari BNPB, untuk membantu pelaksanaan evakuasi bila terjadi bencana.

Sumbar Dapat Satu Kapal Cepat Bantuan dari BNPB untuk Evakuasi Saat Bencana
tribun padang
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, dan Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman, saat berada di kapal cepat bantuan BNPB di Pelabuhan Muaro, Jalan Batang Arau, Padang. 

tribunpekanbaru.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menerima bantuan kapal cepat dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), untuk memperkuat armada evakuasi kebencanaan di daerah itu.

"Kami memang sangat butuh kapal cepat yang bisa segera digerakkan jika terjadi bencana," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Jumat (9/8). Kapal itu sendiri diserahterimakan oleh BNPB kepada BPBD Sumbar pada Kamis (8/8) sore lalu.

Nasrul menyebut, Sumbar memiliki laut dan danau serta daerah Mentawai yang berbentuk kepulauan. Karena itu, armada evakuasi tidak hanya dibutuhkan di darat, namun juga di laut. Bantuan itu dinilai akan sangat mendukung kinerja BPBD Sumbar untuk penanggulangan bencana di daerah.

Dia pun berharap bantuan kapal cepat yang diberikan oleh BNPB ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan membantu korban saat terjadi bencana.

"Kapal ini akan digunakan untuk mengatasi bencana atau kecelakaan yang terjadi wilayah perairan, guna membantu mengangkut bantuan ke lokasi bencana di daerah kepulauan," tambah Nasrul Abit.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman, menginformasikan kapal cepat tersebut memiliki lebar sekitar 2,5 meter dan panjang 6 meter, dilengkapi dengan peralatan evakuasi, fasilitas air bersih berikut sanitasi.

Kapal itu juga sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2X200cc, Global Positioning System (GPS) untuk navigasi, kompas, alat komunikasi, dan alat keselamatan lainnya.

Ke depan, kapal itu juga akan dilengkapi dengan peralatan medis agar bisa segera membantu korban jika terjadi bencana. Kapal itu sementara ini ditambatkan di Pelabuhan Muaro, Jalan Batang Arau, Berok Nipah, Padang. (rin/rol/tribun padang)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved