BBKSDA Riau Bakal Pasang Camera Trap Pantau Harimau di Minas

Pascakemunculan harimau Sumatra di wilayah kerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Minas, BBKSDA memasang camera trap di sekitar lokasi itu.

BBKSDA Riau Bakal Pasang Camera Trap Pantau Harimau di Minas
Istimewa
Screenshot rekaman video kemunculan Harimau Sumatra di areal ladang minyak di Minas, Rabu (7/8/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pascakemunculan seekor harimau Sumatra dewasa beberapa waktu lalu di wilayah kerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di GS 5, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, tim dari BBKSDA Riau memasang camera trap di sekitar lokasi itu.

Dimana kemunculan harimau ini sempat membuat heboh dan panik para pekerja lapangan perusahaan minyak asal Amerika Serikat itu.

Kepala Bidang (Kabid) Wilayah II BBKSDA Riau, Heru mengatakan, dari hasil pemantauan lewat camera trap, tidak terlihat adanya tanda-tanda keberadaan harimau di dalam wilayah GS 5.

"Kami juga melakukan kunjungan ke areal kebun sawit yang berada di sekitar wilayah GS 5 yang sehari sebelumnya terdapat jejak harimau. Didapatkan hasil informasi bahwa harimau sudah bergerak menjauhi areal kebun sawit ke arah utara dari GS 5," kata Heru, Sabtu (10/8/2019).

Baca: Kapolsek Dikeroyok Saat Mengejar Bandar Narkoba, Pelaku Sekitar 20 Orang Pakai Senjata Tajam

Baca: Badai Dahsyat Lekima Hantam China, 200 Gedung Hancur, 1 Juta Warga Mengungsi

Heru melanjutkan, dari hasil ini dapat diambil kesimpulan, harimau diperkirakan sudah bergerak menjauhi GS 5 dan diduga bergerak ke arah utara.

Diberitakan sebelumnya, seekor harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) tiba-tiba muncul di area ladang minyak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Distrik Minas, Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak.

Tak ayal kemunculan si Raja Rimba ini sempat membuat panik para pekerja di lokasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, kemunculan 'Kucing Belang Raksasa' ini ada di Gathering Station (GS) 5 kawasan operasional perusahaan itu.

Lokasi tersebut juga tak jauh dari wilayah jelajah harimau di kawasan hutan Tahura.

Ketika itu ada pekerja yang sedang melintas di sekitaran GS 5 dan melihat kemunculan seekor harimau dewasa.

Kemunculan harimau itu juga direkam dengan kamera handphone oleh pekerja yang kebetulan sedang mengemudikan mobil dan melintas di sekitar lokasi.

Dari rekaman video itu, tampak harimau seperti berupaya mencari jalan keluar.

Lantaran area itu juga dikelilingi oleh pagar besi. (Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved