Siak

Bupati Siak Riau Rencanakan Liburkan Sekolah Gara-gara Kabut Asap

Kabut asap di Kabupaten Siak semakin pekat. Bupati Siak Alfedri mulai mencemaskan dampak kabut asap tersebut terhadap warga.

Bupati Siak Riau Rencanakan Liburkan Sekolah Gara-gara Kabut Asap
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Sejumlah murid SDN 15 Kota Pekanbaru menggunakan masker saat belajar di sekolah, Jumat (2/8/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Bupati Siak Riau Rencanakan Liburkan Sekolah Gara-gara Kabut Asap

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Siak semakin pekat. Bupati Siak Alfedri mulai mencemaskan dampak kabut asap tersebut terhadap warga.

"Jika kabut asap semakin tebal kita akan liburkan anak-anak sekolah," kata dia, Minggu (11/8/2019).

Ia menguraikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak telah melayangkan surat ke sekolah-sekolah. Kepala sekolah bisa memgambil kebijakan untuk meliburkan sekolah jika kabut asap semakin tebal.

"Anak-anak sekolah bisa diliburkan, dengan catatan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan," tambah Alfedri.

Baca: Alasannya Prihatin, Polres Inhu Riau Bagikan Daging Kurban dengan Bungkus Daun Pisang

Lokasi kebakaran hutan dan lahan di Siak semakin banyak. Seperti di Kampung Merempan, Paluh, Dosan, Rawang Air Putih, Tasik Betung, Sri Gemilang dan di wilayah Kecamatan Dayun.

Termasuk titik api yang baru muncul di Kampung Benteng Hilir, Kecamatan Mempura.

"Kita memang berupaya maksimal untuk menanggulangi Karhutla. Behitu pula jajaran TNI/Polri yang telah berperan aktif dalam penanganan Karhutla secara intens," kata dia.

Ia berharap terus dilakukan upaya pencegahan dan tindakan yang berkesinambungan, agar kebakaran tidak meluas dan bisa padam secara total.

Ia menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahannya. Jika dilakukan, ada sanksi berat yang akan menjerat sipelaku pembakar lahan maupun hutan," jelas Alfedri.

Baca: Diduga memiliki Senjata Api dan Konsumsi Narkoba, Tiga Orang diamankan Polsek Mandau Riau

Tidak hanya itu, pada Senin ini para pegawai dan honorer bersama masyarakat akan melakukan salat Istisqa, salat minta hujan berjemaah.

Alfedri juga bakal ikut pada salat yang dilaksanakan di lapangan Tugu, depan Istana Siak tersebut. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved