Hewan Kurban di Dumai Tahun Ini Jumlahnya 1.074 Sapi dan 362 Ekor Kambing

Tahun ini jumlah hewan kurban di Dumai tercatat ribuan ekor terdiri dari sapi dan kambing. Tim kesehatan hewan juga memastikan kondisinya sehat.

Hewan Kurban di Dumai Tahun Ini Jumlahnya 1.074 Sapi dan 362 Ekor Kambing
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Penjual hewan kurban tampak menjajakan sapi madura di tepi Jalan Soekarno-Hatta, Kota Pekanbaru. 

tribunpekanbaru.com - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Hadiyono, mengatakan, jumlah hewan kurban di Kota Dumai tahun ini tercatat mencapai 1.074 ekor sapi dan 362 ekor kambing.

Jumlah tersebut diambil dari angka data sementara Tim Kesehatan Hewan dan Teknis, sampai sekira pukul 23.25 WIB Sabtu (10/8) malam lalu.

"Pemotongan hewan kurban di Dumai terpantau lancar sejauh ini. Alhamdulillah, belum ada temuan hewan berpenyakit dan sebagainya," ungkapnya pada Minggu (11/8).

Dipaparkan, tim kesehatan hewan yang diturunkan sejak beberapa waktu lalu, terus melakukan pemantauan di sejumlah lokasi pemotongan dan rumah ibadah. Tim ini mencatat ada 1.081 sapi dan 104 kambing yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat.

Sebelumnya, Pemko Dumai melalui dinas terkait mengatakan, kebutuhan hewan kurban di Dumai diprediksi mencapai 2.500 ekor, sebagian besar sapi yang berasal dari Lampung, Sumbar, Sumut, dan Pulau Jawa.

Hewan kurban yang dipotong harus berkelamin jantan. Jika betina dan dalam status produktif tidak diizinkan dipotong, apalagi yang dapat beranak dan berkembang biak.

Pengecekan kesehatan ini dilakukan dengan mendatangi pedagang maupun pengepul hewan kurban. Tim kesehatan hewan juga memantau arus keluar masuk hewan di Kota Dumai dari luar daerah, untuk menjamin hewan layak dikonsumsi ataupun dipelihara. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved