Salat Ied di Tengah Kabut Asap, Warga Siak Datang ke Lapangan Pakai Masker

Warga Kabupaten Siak mengikuti Shalat Ied Idul Adha dengan menggunakan masker, karena kabut asap di kawasan itu semakin pekat.

Salat Ied di Tengah Kabut Asap, Warga Siak Datang ke Lapangan Pakai Masker
tribun pekanbaru
Polisi menggunakan masker membantu mengarahkan jemaah salat Idul Adha menyeberangi jalan raya menuju lokasi salat, Minggu (11/8) pagi di lapangan bola Km 70 Dayun. 

tribunpekanbaru.com - Warga Kabupaten Siak harus melaksanakan salat hari raya Idul Adha 1440 H atau salat Ied di tengah kepungan kabut asap, Minggu (11/8). Sejumlah tempat yang menggelar salat Ied di lapangan terbuka tetap tidak pindah ke dalam masjid.

"Memang pekat sekali pagi ini (kemarin). Tapi ya tempat salat di lapangan, harus diikuti," kata Mira, seorang jemaah salat Ied di lapangan bola, Km 70 Kecamatan Dayun.

Jemaah salat Ied sudah berbondong-bondong ke lapangan itu sejak pukul 07.00 WIB. Karena kondisi kabut asap semakin pekat, salat Ied dilaksanakan agak cepat dibanding tahun-tahun lalu. Akibatnya banyak juga yang terlambat dan tidak dapat mengikuti salat Ied berjamaah.

"Ya telat. Biasanya salat pukul 08.00 WIB, pas sampai di lapangan kurang pukul 08.00 WIB orang udah siap salat. Salatnya pukul 07.30 WIB ternyata," kata Fakhrurrazi, warga setempat.

Meski pekatnya kabut asap, namun banyak juga jamaah yang tidak memakai masker. Sementara polwan dan polisi yang menjaga keamanan di lapangan bola itu tampak menggunakan masker.

Hal sama juga terjadi di lapangan Tugu, depan Istana Siak. Jadwal salat Ied terpaksa dipercepat di banding tahun sebelumnya, mengingat pekatnya kabut asap. Sejumlah jemaah tampak menggunakan masker dan banyak pula yang tidak menggunakan masker.

Jarak pandang pada Minggu pagi sangat pendek, diperkirakan hanya mencapai 800 meter. Kualitas udara sangat buruk dan aroma kebakaran hutan sangat terasa. "Pastinya kabut asap sangat tebal, tapi jamaah tetap ramai di lapangan Tugu," kata Syahril, jamaah salat Ied di tempat tersebut.

Salat Ied di lapangan Tugu depan Istana Siak dihadiri penjabat Sekdakab Siak, Jamaluddin. Ia memberikan sambutan sebelum salat dimulai. Ia meminta masyarakat memanjatkan doa agar hujan segera turun.

"Mari kita berdoa agar cepat turun hujan. Karena seiring musim kemarau kabut asap semakin banyak," kata Jamaluddin.

Dalam sambutannya, ia memaparkan sejumlah keberhasilan pembangunan yang sudah dilaksanakan Pemkab Siak selama ini. (myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved