Bupati Inhil: Berkurban Tak Harus Menunggu Kaya, Kuncinya Ada Pada Kemauan

Pesan itu disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan, saat meninjau pemotongan hewan kurban di lingkungang Pemkab Inhil, Senin (12/8).

Bupati Inhil: Berkurban Tak Harus Menunggu Kaya, Kuncinya Ada Pada Kemauan
tribun pekanbaru
Bupati Inhil, HM Wardan, bersama Wakil Bupati (Wabup) H Syamsuddin Uti, melihat sapi kurban di Kantor Bupati Inhil di Tembilahan, Senin (12/8) pagi. 

tribunpekanbaru.com - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, menjalankan ibadah kurban pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah di Kantor Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan, Senin (12/8) pagi.

Seperti tahun–tahun sebelumnya, ibadah kurban ini rutin dilaksanakan Bupati Wardan setiap Hari Raya Idul Adha.

Pelaksanaan kurban oleh Pemkab Inhil kali ini diikuti 28 peserta kurban dari kalangan pejabat Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil. Total ada empat ekor hewan kurban yang dipotong pada Idul Adha kali ini.

Menurut Wardan, esensi berkurban pada perayaan Idul Adha adalah keikhlasan dan keinginan berbagi kepada sesama. “Ibadah kurban juga dapat kita maknai sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Islam. Napak tilas Nabi Ibrahim dan Ismail dapat kita jadikan tauladan,” kata Wardan.

Dalam sambutannya, Wardan menceritakan sebuah kisah inspiratif tentang semangat seorang pemulung yang menabung setiap hari untuk bisa ikut berkurban. Berkaca dari cerita semangat seorang pemulung tersebut, Wardan mengharapkan agar ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Setda Inhil dapat pula memiliki semangat serupa untuk beribadah kurban tahun depan.

"Untuk ikut berkurban tidak harus menunggu kaya, kuncinya hanya pada kemauan saja," ujar Wardan.

Dia berharap, ke depan pelaksanaan kurban ini dapat ditindaklanjuti secara serius dan dikembangkan dengan cakupan peserta yang lebih luas, meliputi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhil.

"Tujuannya agar daging-daging kurban dapat didistribusikan kepada keluarga bahkan masyarakat desa yang ada dipelosok," terang Wardan.

Usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban di lingkungan Setda Inhil, Wardan yang didampingi Wakil Bupati Inhil bersama rombongan, melanjutkan peninjauan pelaksanaan pemotongan dua ekor hewan kurban berupa sapi, yang dilakukan Badan Keselamatan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Inhil.

Dalam kesempatan itu, Wardan kembali memberi motivasi kepada para ASN yang ada di Bakesbangpolinmas Inhil, agar di tahun 2020 mendatang jumlah hewan kurban yang dipotong bisa meningkat.

Turut bergabung dalam rombongan peninjauan hewan kurban bersama Wardan adalah Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil, Afrizal, dan beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil lainnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved