Jajaran Polres Dumai Bersama Warga Gelar Shalat Istisqa untuk Meminta Hujan

Polres Dumai dan Polsek-polsek di jajarannya menggelar Shalat Istisqa bersama warga sekitar, memohon agar diturunkan hujan untuk memadamkan karhutla.

Jajaran Polres Dumai Bersama Warga Gelar Shalat Istisqa untuk Meminta Hujan
tribun pekanbaru
Polres Dumai menggelar Shalat Istisqa di halaman kantor pada Senin (12/8). Selain di Polres, Shalat Istisqa juga dilaksanakan di Kantor Polsek di wilayah Polres Dumai. Kegiatan ini dilaksanakan bersama warga sekitar. 

tribunpekanbaru.com - Polres Dumai beserta sejumlah Polsek di lingkungannya, menggelar kegiatan Shalat Istisqa atau shalat minta hujan, pada Senin (12/8).

Kegiatan tersebut dilakukan tersebar di halaman Polres Dumai, Polsek Bukit Kapur, Polsek Dumai Barat, Polsek Dumai Selatan, KSKP, Polsek Dumai Kota, dan Polsek Medang Kampai. Shalat itu juga diramaikan oleh warga sekitar.

Disampaikan oleh Paur Humas Polres Dumai, Iptu Dedi Nofarizal, kegiatan Shalat Istisqa berjamaah itu juga diiringi dengan doa bersama dengan seluruh jemaah.

"Tujuan ibadah bersama ini adalah memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan di wilayah Kota Dumai dan Riau pada umumnya," kata Dedi Nofarizal.

Bukan tanpa alasan Shalat Istisqa digelar. Kondisi udara yang kian buruk akibat dirundung kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menimbulkan kabut asap, telah semakin menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Karhutla juga sukar dipadamkan karena suhu yang panas dan tidak ada turun hujan. Sementara lahan yang terbakar mayoritas tanah gambut.

Dedi menerangkan, permohonan dan doa dipanjatkan dengan harapan agar cuaca kembali bersahabat dan hujan turun, sehingga dapat meminimalisir jumlah titik api yang menimbulkan kabut asap. Sehingga masyarakat dapat kembali menghirup udara segar yang sehat, dan bisa kembali beraktivitas seperi keadaan normal.

"Kita berharap, selain usaha pemadaman yang sedang dilakukan di lapangan dan langkah pencegahan lainnya, juga dengan berdoa bersama. Harapannya, agar Kota Dumai dan Riau pada umumnya segera diberi hujan agar bisa memudahkan kinerja satgas di lapangan," tambah Dedi. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved