Berita Riau

VIDEO: Sapi Kurban Mengamuk Terjang Warga Hingga Patah Tangan di Mesjid An Nur Pekanbaru Riau

Seekor sapi kurban berlari dan menanduk seorang panitia kurban saat proses pemotongan hewan kurban di halaman Mesjid An Nur Provinsi Riau, Pekanbaru,

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Seekor sapi kurban berlari dan menanduk seorang panitia kurban saat proses pemotongan hewan kurban di halaman Mesjid An Nur Provinsi Riau, Pekanbaru, Senin (12/8/2019) pagi.

Akibatnya, korban bernama Lukman yang merupakan Kepala Security di mesjid tersebut menderita patah pada lengan kanannya.

Awalnya, sapi kurban sumbangan dari DPRD Riau itu akan dibawa ke kerangkeng tempat pemotongan sapi kurban, namun tali yang digunakan untuk menarik sapi itu terlalu panjang dan tiba-tiba sapi seberat 500 kg lebih itu berlari ke depan hingga melompat melewati pagar yang berada di samping kerangkeng dan jatuh setinggi 4 meter.

Namun sapi kurban tidak mengalami cidera.

Petugas kurban langsung menahan dua tali pengikat sapi itu, satu tali di bagian atas pagar dan satu tali lagi dipegang Lukman dibawah pagar, dibagian sisi jalan, namun petugas yang menahan tali di atas tidak kuat menahan tarikan sapi yang berlari ke arah Lukman.

Hingga sapi itu menyeruduk Lukman dan membuatnya patah tangan hingga terjatuh.

Dengan menahan sakit Lukman tidak sanggup lagi berdiri dan akhirnya dibopong masuki mobil untuk dilakukan tindakan medis.

Sedangkan sapi yang menyeruduk Lukman diikat ke pagar dan secara bertahap berhasil digiring ke dalam kerangkeng untuk dikurbankan

Sementara itu, koordinator panitia bagian penyembelihan pelaksanan kurban Mesjid Agung An Nur, Mahmud Arifin mengatakan bahwa memang menangani hewan kurban tersebut harus sangat berhati-hati.

"sehingga kita harapkan tidak ada lagi insiden yang seperti ini karena sapi itu mempunyai beberapa karakteristik, kalau sapi jenis simental itu biasanya jinak, tapi kalau sapi jenis keturunan PO Itu memang agak liar, jadi penanganannya harus sangat hati-hati," kata pria yang sehari-hari bekerja pada bagian perawatan taman dan kebersihan Mesjid Agung An Nur.

Diberitakan sebelumnya terdapat tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing dikurbankan di Halaman Mesjid An Nur Provinsi Riau Pekanbaru, Sapi tersebut adalah sapi jenis limosin seberat sekitar 750 kg bantuan dari Presiden RI Joko Widodo, Sapi jenis simental seberat 800 kg dari keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan sapi dari DPRD Provinsi Riau.

Yang pertama dikurbankan adalah sapi dari Gubri lalu disusul sapi dari Presiden dan DPRD Riau.

Dari kurban tersebut, sebanyak 1000 kupon daging juga telah disalurkan dari pengurus mesjid kepada yang berhak dan akan dibagikan usai salat Zuhur. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY)

CAPTION : Sapi dari DPRD Riau yang akan dikurbankan di Halaman Mesjid Agung An Nur Provinsi Riau berhasil lari dan menyeruduk seorang petugas kurban, Senin (12/8/2019). TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY

Penulis: TheoRizky
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved