Disatukan dengan Hari Jadi Siak, Festival Film Pendek Siak 2019 Diundur Sampai 30 September

Peserta Festival Film Pendek Siak bisa bernafas lega, karena punya waktu untuk memperbaiki film pendek karya masing-masing.

Disatukan dengan Hari Jadi Siak, Festival Film Pendek Siak 2019 Diundur Sampai 30 September
internet
ILustrasi Film Pendek 

tribunpekanbaru.com - Penerimaan film dari tim yang ikut Festival Film Pendek 2019 Siak Sri Indrapura diundur sampai 30 September 2019 mendatang. Para pendaftar atau peserta masih punya waktu sekitar 1,5 bulan untuk menyempurnakan karya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Siak, Basriansyah mengatakan, kegiatan puncak pada Festival Film Pendek 2019 Siak disatukan dengan hari jadi Kabupaten Siak ke-20 pada 12 Oktober 2019. Pada hari itu, pihaknya mengumumkan pemenang sekaligus menyerahkan hadiah untuk para juara.

"Sebenarnya kegiatan kita laksanakan besok, 14-15 Agustus 2019. Karena ini festival film, yang salah satu pengambilan gambar pada masing-masing tim harus ada menampilkan Siak, maka lebih efektif jika disatukan dengan hari jadi Siak ke-20," kata Basriansyah kepada Tribun, Selasa (13/8).

Pengunduran acara puncak Festival Film Pendek 2019 Siak ini juga menguntungkan para peserta. Sebab para peserta masih punya waktu yang cukup untuk menyempurnakan karyanya.

"Semakin lapang waktu, peserta juga senang. Barangkali mereka masih bisa mengedit atau menambah atau mengurangi adegan, gambar, dan pengambilan gambar pada filmnya," kata Basriansyah.

Dia menerangkan, Festival Film Pendek 2019 Siak terbuka untuk umum se-Riau. Namun peserta wajib mengisi formulir yang disediakan panitia. Formulir itu dapat diambil di Kantor Dinas Pariwisata Siak, Jalan Sri Kembayat, Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Festival Film Pendek 2019 Siak ini bertajuk Gerhana. Maklum, menjelang akhir tahun ini Kabupaten Siak bakal dilalui peristiwa alam langka, yakni Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Namun demikian, peserta boleh menggarap film dengan genre berbeda. Panitia membuka untuk genre romansa, drama, fiksi horor, dan komedi. Masing-masing film yang diikutkan, salah satu scene pengambilan gambar harus keindahan atau keunikan Siak.

Dewan juri pada Festival Film Pendek ini merupakan dewan juri profesional. Sedangkan penilaiannya ada pada aspek ide cerita, naskah, pemeran atau watak atau penokohan, keindahan gambar, teknik pengambilan gambar, pencahayaan, tata suara, soundtrack, dan alur cerita.

Durasi masing-masing film tidak lebih dari 31 menit, namun boleh kurang dari 20 menit. Peserta yang juara 1 berhak mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai Rp7.000.000, juara 2 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp5.000.000, serta juara 3 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp3.000.000. (myo)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved