Kontingen Porwil Riau Dikukuhkan, Optimistis Pertahankan Juara Umum

Kontingen Porwil Riau dikukuhkan pada Selasa (13/8) di KONI Riau. Usai pengukuhan, para atlet langsung masuk pemusatan latihan.

Kontingen Porwil Riau Dikukuhkan, Optimistis Pertahankan Juara Umum
tribun pekanbaru
Atlet dari 11 cabor mengikuti pengukuhan kontingen Riau yang akan tampil di Porwil Sumatra, November mendatang di Bengkulu. Pengukuhan dilakukan Selasa (13/8) di halaman Kantor KONI Riau. 

tribunpekanbaru.com - Kontingen Riau menuju Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra di Bengkulu resmi dikukuhkan pada Selasa (13/8) pagi, di halaman Kantor KONI Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Sebanyak 165 atlet dan 30 pelatih dari 11 cabor selanjutnya akan menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) selama dua setengah bulan ke depan.

Pengukuhan disaksikan Kepala Dispora Riau H Doni Aprialdi mewakili Gubernur Riau H Syamsuar, dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, serta pejabat teras KONI Riau.

Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi mewakili Pemprov Riau, berharap kontingen Riau bisa mempertahankan prestasi sebagai juara umum Porwil di Bengkulu nanti.

"Mempertahankan juara tidak mudah, tapi berat jika dijadikan beban. Tetap optimistis dan jadikan Pelatda ini sebagai ajang memantapkan diri serta stamina," kata Doni.

Seperti diketahui, Porwil IX Sumatra di Bengkulu akan digelar mulai 3 November nanti. Ini merupakan ajang perebutan tiket untuk bisa berlaga di PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.

"Tugas bagi KONI, pengurus cabor, dan pelatih, untuk bisa meloloskan atlet Riau sebanyak mungkin ke PON XX tahaun 2020 di Papua. Karena para atlet Riau merupakan yang terbaik di Pulau Sumatra," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis menyebutkan, dengan sejumlah kendala yang dihadapi saat ini, pihaknya tetap optimistis menatap target di Porwil 2019 ini.

"Selama ini latihan dikelola masing-masing cabor. Tapi mulai hari ini sampai dua bulan setengah ke depan, mereka harus menjalani pemusatan latihan yang biayanya ditanggung KONI Riau," kata Emrizal.

Ditambahkan, untuk tempat pemusatan latihan, para atlet akan menggunakan beberapa tempat. INi dikarenakan 30 persen atlet berasal dari daerah. Ada beberapa sentra Pelatda yaitu di Bengkalis, Kampar, dan Pekanbaru.

"Kalau Bengkalis untuk muaythai, kempo, dan panjat tebing. Di Kampar dan Pekanbaru sisanya yakni 8 cabor. Untuk target, kita optimistis bisa mempertahankan juara umum, seperti yang kita raih di Porwil Babel tahun 2015 silam," ujarnya.

Porwil di Bengkulu nanti akan mempertandingkan 11 cabor. Riau sendiri mengikuti seluruh cabor tersebut. Dari 11 cabor ini diperebutkan total 538 medali terdiri dari 171 medali emas, 171 perak, dan 196 perunggu.

Adapun 11 cabor yang ditandingkan itu adalah atletik, renang, bulutangkis, biliar, sepakbola, catur, panjat tebing, tinju, kempo, muaythai, serta voli indoor. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved