Sudah 17 Hari, Kebakaran Lahan di Kecamatan Bantan, Bengkalis, Belum Juga Padam

BPBD Riau sudah mengerahkan ratusan personel dan alat berat ke lokasi karhutla tersebut. Namun api yang membakar lahan belum juga padam.

Sudah 17 Hari, Kebakaran Lahan di Kecamatan Bantan, Bengkalis, Belum Juga Padam
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan. 

tribunpekanbaru.com - Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Pasiran Kecamatan Bantan, Bengkalis, membuat petugas gabungan dari Satgas Karhutla kewalahan, Rabu (14/8).

Sebanyak 104 petugas gabungan yang terdiri dari unsur BPBD, Damkar, Polri, TNI, Masyarakat Peduli Api, hingga perusahaan terlibat dalam upaya pemadaman api di lokasi kebakaran.

Namun api tidak kunjung padam. Pemadaman di Kecamatan Bantan ini bahkan sudah berlangsung selama 17 hari.

Sejumlah peralatan juga sudah diturunkan ke lokasi kebakaran. Mulai dari mini streker, mesin pompa air, hingga alat berat jenis beko.

"Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, memang sampai saat ini api masih menyala di beberapa titik tapi tidak terlalu besar," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Rabu (14/8).

Edwar mengungkapkan, hingga saat ini personel gabungan masih berjibaku memadamkan api di lokasi karhutla tersebut. Sejauh ini pemadaman masih dilakukan melalui jalur darat.

"Di beberapa titik api sudah padam, tapi bisa hidup kembali mengingat faktor cuaca yang panas dan angin kencang," ujarnya.

Selain di Kecamatan Bantan, saat ini kebakaran lahan yang masih belum padam juga terjadi di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Siak. Di lokasi ini api belum bisa dijinakkan oleh petugas dan masih menyala membakar lahan. Padahal di lokasi ini petugas sudah enam hari melakukan pemadaman.

"Apinya masih menyala karena kondisi cuaca cukup panas," katanya. (smg)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved