12 Atlet Judo Riau Sudah Dapat Poin untuk Tampil di PON Papua Tahun Depan

Meski demikian, judo Riau masih mengincar satu kejurnas lagi untuk diikuti dalam tahun ini, untuk menambah poin para atlet.

12 Atlet Judo Riau Sudah Dapat Poin untuk Tampil di PON Papua Tahun Depan
Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril
Judo Riau saat latihan beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com - Cabor judo Riau mengklaim sudah mendapatkan poin untuk 12 atletnya, sebagai syarat tampil pada PON Papua tahun 2020 mendatang. Poin untuk 12 atlet tersebut didapat dari berbagai kejuaraan yang diikuti dalam beberapa waktu belakangan.

Kejuaraan terakhir yang diikuti adalah Kartika Cup 2019 di Yogyakarta awal Agustus lalu. Dari beberapa atlet yang dikirim ke event ini, judo Riau berhasil meraih dua medali perunggu.

"Untuk sementara masih ada sekitar 12 atlet lah yang kini dapat poin PON. Termasuk dari kejuaraan di DI Yogyakarta kemarin," kata pelatih judo Riau, Margas Chan, Kamis (15/8) kepada Tribun.

Seperti diketahui, cabor judo merupakan cabor yang tidak melaksanakan Pra PON atau mengikuti Porwil sebagai ajang kualifikasi PON. Cabor ini menganut sistem poin untuk mendapat tiket ke PON, dan poin itu dikumpulkan dari beberapa kejuaraan level nasional yang masuk agenda Pengurus Besar PJSI.

Makanya, setiap Pengprov PJSI wajib mengikuti kejurnas judo setiap tahunnya. Jika tidak, maka bisa ketinggalan banyak poin dari daerah lain yang ikut ambil bagian.

Mengenai siapa saja 12 atlet yang sudah mendapatkan poin untuk tampil di PON tersebut, Margas tidak menjelaskan secara rinci. Sebab poin PON yang didapatkan atlet tersebut masih akan berubah hingga Desember 2019 mendatang, seiring masih ada kejuaraan nasional yang akan digelar.

"Tidak hanya kita, tapi judo seluruh Indonesia juga akan berputar terus untuk menambah poin PON-nya. Apalagi masih ada beberapa kejuaraan lagi sampai akhir tahun 2019 ini," paparnya.

Karena itu, menurut Margas, atletnya perlu mengikuti setidaknya satu kejuaraan lagi untuk menambah poin PON. Kejuaraan yang akan diikuti itu adalah antara Kapolri Cup atau Wismoyo Cup 2019. "Ini yang masih kita bahas dengan pengurus dan KONI Riau," terangnya.

Sebelumnya, PJSI Riau menargetkan meloloskan 10 atlet tampil pada PON Papua tahun depan. Target tersebut ditetapkan setelah melihat potensi dan kekuatan atlet yang disiapkan. Target ini meningkat dari PON 2016 lalu di Jabar, saat itu judo Riau hanya bisa meloloskan 4 atlet. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved