Timnas U-19 Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19

Malaysia U-19 sebagai runner up Grup B akan menjadi lawan Indonesia yang merupakan juara Grup A, pada semifinal Piala AFF U-19 di Vietnam.

Timnas U-19 Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19
PSSI.ORG
Pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini. 

tribunpekanbaru.com - Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini, percaya diri menatap semifinal Piala AFF U-19 di Vietnam. Hasil pertandingan Grup B yang diisi calon lawan timnas U-19 di seminifinal, menambah kepercayaan diri tersebut.

Dari pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-19 pada Kamis (15/8), akhirnya diketahui Indonesia akan menghadapi Malaysia di semifinal yang akan dimainkan Sabtu (17/8) besok.

Malaysia pada laga kemarin sore kalah dari Thailand 0-1. Sementara Australia pada jam yang sama menghajar Singapura dengan skor telak 5-0. Hasil itu sekaligus menempatkan Australia di puncak klasemen Grup B dengan nilai 12, sedangkan Malaysia sebagai runner up dengan nilai 9.

Sesuai aturan, maka Australia sebagai juara Grup B di semifinal nanti akan menghadapi Myanmar yang merupakan runner up Grup A. Sedangkan Malaysia sebagai runner up Grup B, akan menghadapi Indonesia yang juara Grup A.

Fakhri Husaini mengaku optimistis menatap semifinal, karena pertandingan Grup B yang diisi tim-tim yang dianggap kuat dan punya nama besar ternyata memperlihatkan tidak ada tim yang superior.

Thailand yang dianggap tim kuat Asia Tenggara, hanya mampu mengumpulkan lima poin dari lima laga. Mereka bahkan terdampar di posisi lima klasemen, atau satu tingkat di atas dasar klasemen yang dihuni Singapura.

Sedangkan Australia yang sebelumnya sulit dikalahkan tim-tim Asia Tenggara, disikat Malaysia dengan skor 3-0 saat laga keempat Grup B.

“Australia ditakuti lawan-lawan di grupnya dan grup lain di ajang ini karena selama ini mereka terkenal kuat. Mereka mengalahkan Vietnam 4-1. Tapi nyatanya mereka kalah dari Malaysia,” kata Fakhri.

Melihat kondisi tersebut, mantan kapten timnas Indonesia itu optimistis tak ada tim yang superior di level kelompok umur. Dia mengaku siap jika timnya bertemu dengan tim bernama besar seperti Australia, Malaysia, atau Vietnam.

“Tak ada tim yang mendominasi di kelompok umur. Dan ternyata kami akan melawan Malaysia, kami sudah siap," katanya.

Namun begitu, Fakhri sendiri mengaku kurang puas pada penampilan pemainnya di laga terakhir Grup A, saat ditahan imbang Myanmar dengan skor 1-1. Meski bersyukur timnya tidak pernah kalah di fase grup, namun Fakhri menilai penampilan pemain tidak maksimal. Terutama pemain yang jarang dimainkan, karena seharusnya memiliki stamina lebih baik.

"Peluang banyak terbuang, tidak sesuai harapan, fisik juga kurang. Ini akan dibenahi jelang semifinal," tambahnya. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved