Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Batam Terbakar, Pemulung Sebut Selalu Terulang Tiap Tahun

Para pemulung di TPA Telaga Punggur, Batam, menyebut api selalu muncul tengah malam saat tidak ada orang di gunungan sampah.

Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Batam Terbakar, Pemulung Sebut Selalu Terulang Tiap Tahun
tribun batam
Api menyala di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Telaga Punggur, Batam. Kebakaran di tempat ini terjadi nyaris setiap tahun. 

tribunpekanbaru.com - Kobaran api terlihat di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Telaga Punggur, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Jumat (16/8) pagi. Api diketahui sudah menyala sejak Kamis (15/8) malam.

Seorang pemulung di sekitar TPA yang enggan disebutkan namanya, menyebut kejadian terbakarnya tumpukan sampai itu selalu terulang hampir setiap tahun.

"Tadi malam (Kamis malam) sekitar jam setengah delapan malam saya dari bawah belum ada api. Tapi tiba-tiba sudah begini (kobaran api membesar)," ucapnya sambil terus memilah sampah di TPA itu, Jumat (16/8).

Hampir senada, pemulung lain pun turut mengamini perkataan pria ini. "Tahun 1993 ya kalau nggak salah, itu apinya besar sekali," ucap pemulung ini sambil berusaha meyakinkan ucapannya dengan bertanya ke pria tadi.

Sempat dipadamkan para petugas pemadam kebakaran, namun api di gunungan sampah itu terus saja menyala.

Pantauan Tribun Batam, beberapa api yang sebelumnya kecil kembali membesar setelah melahap sampah-sampah di sekitar. "Belum tahu kenapa," ucap seorang petugas keamanan TPA Telaga Punggur, Kota Batam.

Dari catatan Tribun Batam, peristiwa serupa juga pernah terjadi pada 2015 silam. Saat itu, pada malam hari tanggal 2 Maret 2015, TPA Telaga Punggur juga terbakar hebat. Kobaran api ketika itu melahap habis sampah-sampah di sekitar TPA. Sampah plastik, daun kering, kertas, dan sampah lainnya ikut ludes terbakar.

Saat itu, pemadaman api memerlukan waktu cukup lama bahkan sampai keesokan harinya. Ini karena gunungan sampah terebut juga menghasilkan gas yang mudah terbakar.

Tak hanya tahun 2015, kejadian serupa juga kembali terulang pada tahun lalu. Terjadinya juga pada malam buta saat warga sedang lelap tertidur. Ketika itulah api berkobar. Catatan Tribun, peristiwa itu terjadi di hari Rabu 28 Februari 2018, dan Selasa 14 Agustus 2018.

Sampai Jumat siang kemarin, api masih berkobar di TPA Punggur. (rin/tribunbatam)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved