Pelalawan

VIDEO: Paskibra Pelalawan Setelah Sukses Kibarkan Bendera pada Upacara Kemerdekaan RI yang ke-74

Sebanyak 33 anggota Paskibra ditambah dengan pasukan 45 dari unsur TNI dan Polri menunjukan kepiawaiannya membawa dan mengibarkan bendera merah putih

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Pelalawan suskes mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-74 pada Hari Sabtu 17 Agustus 2019 di lapangan sepakbola Pangkalan Kerinci.

Sebanyak 33 anggota Paskibra ditambah dengan pasukan 45 dari unsur TNI dan Polri menunjukan kepiawaiannya membawa dan mengibarkan bendera merah putih didepan ribuan pasang mata.

Mulai dari proses barisan berjalan dari samping sebelah kanan tribun utama menuju inspektur upacara yakni Bupati Pelalawan HM Harris.

Pembawa baki Tasya Cantika Aktanta asal sekolah SMAN 1 Pangkalan Kerinci meminta bendera pusaka dari Bupati Harris ke podium kebesaran dan kembali ke barisan.

Selanjutnya formasi pengibaran dibuka petugas pengibar bendera mengambil peran yakni Leonardo Wicaprico asal SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Naufal Eka Syahputra dari SMAN Bernas, dan M Aranin asal SMAN 1 Langgam.

Baca: Paskibra di Pelalawan Menangis Haru Setelah Berhasil Kibarkan Bendera dengan Lancar

Baca: Peringkat Perguruan Tinggi: Universitas Riau Rangking 4 di Sumatera, Nomor 24 di Indonesia

Baca: Sepasang Pengantin Kompak Kibarkan Bendera di Sela-sela Prosesi Pernikahan Mereka, Videonya Viral

Bendera dikerek ke atas tiang diringin lantunan lagu Indonesia Raya yang dibawakan Korps Musik (Korsik) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Harmonisasi musik dengan kenaikan bendera hingga ke ujung tiang bersaman dengan berakhirnya lagu kebangsaan. Formasi kembali dibentuk dan seluruh anggota Pakibra berjalan ke tempat semua.

Setelah berhasil mengibarkan bendera, para paskibra menangis haru dan saling berpelukan satu sama lain. Mereka saling memberi selamat dan semangat untuk menguatkan serta memotivasi.

Pembawa baki Tasya Cantika tampak lebih disoroti karena tangis dan air matanya, terlebih saat para instruktur dan pelatih menyalami mereka satu persatu.

"Satu tugas sudah selesai, ini belum berakhir. Masih ada tugas menurunkan bendera nanti sore," seru seorang pelatih laki-laki.

Dalam upacara HUT Kemerdekaan RI Bupati Harris sebagai inspektur, sedangkan Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin SH MH didapuk membacakan teks proklamasi yang terlebih dahulu ditandai dengan bunyi sirene panjang.

Setelah upacara tuntas, unsur Forkopimda berfoto bersama dengan anggota Paskibra.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan saya mengucapkan selamat hari Kemerdekaan yang ke-74 kepada seluruh masyarakat," kata Harris setelah upacara.

Upacara penurunan bendera diselenggarakan pukul 16.30 wib, Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan bertindak sebagai inspektur upacara. Paskibra diangkut kembali ke Gedung Olahraga (GOR) Tengku Pangeran untuk beristirahat menunggu upacara penurunan. Bertugas membawa baki yakni Ribka Septiani Panjaitan asal SMAN Bernas. Untuk pengerek bendera Naufal Eka Suahputra SMAN Bernas, Agus Firmansyar SMAN 1 Bunut, dan Andri Alamsyah SMAN 1 Pangkalan Kuras. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved