Berita Riau

Butuh Perencanaan Matang, Evaluasi Kadisparbud Rohul Riau Usai Tutup Festival Pesona Danau Sipogas

Festival Pesona Danau Sipogas 2019 resmi ditutup Minggu sore (18/8/2019).Kepala Disparbud Rohul, Drs Yusmar MSi.

Butuh Perencanaan Matang, Evaluasi Kadisparbud Rohul Riau Usai Tutup Festival Pesona Danau Sipogas
istimewa
Kepala Disparbud Rohul, Yusmar foto bersama panitia usai menutup Festival Pesona Danau Sipogas, Minggu (18/8/2019) sore. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Festival Pesona Danau Sipogas 2019 yang resmi ditutup Minggu sore (18/8/2019) dinilai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu Drs Yusmar Msi berhasil namun perlu dievaluasi.

Yusmar mengungkapkan, ditinjau secara keseluruhan, mulai hari pertama dan kedua, diantara hal yang harus dievaluasi adalah waktu, manajemen, dan perencanaan.

"Karena ini baru pertama kali, kita anggap sudah berhasil walaupun memang belum dihitung secara ekonomi. Tetapi secara pelaksanaan, anak-anak muda ini sudah bisa membuat acara skala besar dalam kondisi tidak ada insiden dan hal lain. Sehingga bisa berjalan sesuai direncanakan, dan ini bisa katakan berhasil," sebutnya.

Meski dinilai berhasil, Yusmar memberikan masukan ke panitia, agar sebelum pelaksanaan dibuat perencanaan matang, mulai kepanitian, calon peserta dan kriteria yang jelas.

"Kadang-kadang kelemahan kita adalah kesiapan, jadi perencanaan harus matang dari awal bagaimana. Kemudian di dalam pelaksanaannya itu bisa dipakai sebagai modal karena sudah direncanakan dari awal," sarannya.

Ditambahkannya, saat ini merupakan era transparansi, sehingga semuanya harus jelas dan terbuka.

"Sekarang kan orang maunya jelas, transparan dan mudah diakses. Ini tantangan juga pada kita Dinas Pariwisata untuk bisa mempromosikan ini kepada Generasi Pesona Indonesia dan Kelompok Sadar Wisata," tambahnya.

Yusmar mengharapkan Festival Pesona Danau Sipogas menjadi even tahunan di Desa Sialang Jaya. Bila sudah tiga kali dilaksanakan, maka event ini bisa dimasukkan dalam Kalender Wisata Kabupaten Rohul, seperti Jelajah Rimba Rokan Hulu (JRR).

Event perdana ini diprakarsai pemuda bersama Pokdarwis Desa Sialang Jaya, serta mahasiswa KKN Universitas Riau.

Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay mengatakan, selain Pemkab Rohul, Ketua KONI Rohul Khairul Fahmi juga sangat mendukung festival perdana ini. Ia mengharapkan tahun depan lebih banyak lomba yang digelar.

"Harapan kita ke depan harus dipupuk kebersamaan dan kekompakan, dan harus ditingkatkan. Walau ada musibah jangan mundur, untuk maju memang ada tantangan. Kita harapkan tahun depan lebih meriah lagi," harapnya.

Menurutnya, memang setiap event memang harus ada gerakan pemuda yang masih punya semangat. Pemerintah desa dan pemerintah daerah tetap memberi dukungan segala kegiatan positif dilaksanakan pemuda. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved