Minimalisir Triad KKR, Dosen STIKes Hang Tuah Gelar Pelatihan Teman Sebaya di Siak hulu

Dosen STIKes Hang Tuah Pekanbaru menggelar pelatihan Pendampingan Peer Gruop sebagai Agen Generasi Berencana (Genre).

Minimalisir Triad KKR, Dosen STIKes Hang Tuah Gelar Pelatihan Teman Sebaya di Siak hulu
foto/isitmewa
Penyerahan plakat dari tim pengabdian STIKes Hang Tuah Pekanbaru kepada SMAN 2 Siak Hulu usai pelatihan teman sebaya, pekan kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dosen STIKes Hang Tuah Pekanbaru menggelar pelatihan Pendampingan Peer Gruop sebagai Agen Generasi Berencana (Genre).

Hal itu Sebagai upaya menurunkan tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu free sex, HIV/AIDS dan Napza, atau yang sering disebut dengan Triad KKR

Kegiatan terlaksana atas lolosnya pengajuan proposal pengabdian kepada masyarakat dengan skema program kemitraan masyarakat dari STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Dipusatkan di SMA Negeri 2 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Dengan Ketua Tim Pengabdian masyarakat, Yeyen Gumayesty, SKM, MKes, bersama Raviola, SKM, MKes dan Hastuti Marlina, SKM, MKes beserta mahasiswa.

Turut didukung oleh Kepala sekolah SMAN 2 Siak Hulu, Ali Iskandar, SSos.

Yeyen Gumayesty menyampaikan, Triad KRR terdiri tiga permasalahan yang sering terjadi pada remaja. Salah satunya yaitu seks bebas.

Data World Health Organization (WHO) mencatat sebanyak 66,5 persen remaja usia 15-24 tahun di dunia sudah melakukan hubungan seksual sebelum menikah lebih dari satu kali.

"Yang kedua mengenai HIV/AIDS. Survei Komisi Nasional Perlindungan Anak menyatakan bahwa dalam rentang waktu tiga bulan terakhir 30 persen kasus HIV usia remaja," kata Yeyen kepada Tribun, Minggu (18/8/2019).

Ketiga dijelaskan Yeyen adalah penggunaan obat-obatan terlarang oleh remaja. Hasil survei baseline reproduksi remaja sebanyak 17,6 persen remaja pernah menggunakan narkoba dan konsumsi minuman keras.

Hal tersebut memicu terjadinya kasus kekerasan seksual dan perkosaan yang dilakukan oleh remaja.

Halaman
123
Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved