Tim Basket Putra 3x3 Riau Lolos ke PON Papua Tahun Depan

Tiket PON diraih setelah tak pernah kalah pada Pra PON yang digelar di Bandung, Jabar. Namun kondisi sebaliknya terjadi pada tim putri.

Tim Basket Putra 3x3 Riau Lolos ke PON Papua Tahun Depan
tribun pekanbaru
Tim basket putra Riau foto bersama usai mendapat tiket ke PON Papua, pada Pra PON yang digelar di lapangan basket GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (18/8) petang lalu. 

tribunpekanbaru.com - Target yang diusung Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Riau akhirnya terealisasi. Skuad basket yang dikirim mengikuti Kejurnas Pra PON di Jakarta berhasil lolos ke PON di Papua tahun depan.

Tiket PON itu didapat tim basket putra 3x3. Sementara tim putri di kategori yang sama, harus mengaku kalah, setelah tiga kali bermain dengan hasil kalah semuanya.

"Kita lolos dan dapat tiket PON untuk tim putra. Posisinya tidak terkalahkan mulai dari penyisihan per pool sampai masuk 8 besar," kata manajer tim basket Riau, Asman Sadiqhi saat dihubungi Tribun, Senin (19/8).

Sukses tim putra ini diraih setelah bermain tiga kali dan tak pernah kalah saat meladeni tim kuat Aceh, Lampung, dan DI Yogyakarta. Dengan hasil ini, secara poin tim putra Riau di 3x3 termasuk dalam poin tertinggi di Indonesia.

Namun untuk cabor basket, menurut Asman, tidak ada perhitungan peringkat. "Tidak ada peringkat, karena untuk dapat tiket PON dicari sampai 7 tim saja," sebutnya.

Dikatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan penuh KONI Riau, pengurus basket Riau, serta pelatih yang melatih para atlet. Asman berharap tren positif ini bisa dipertahankan hingga PON tahun 2020 mendatang.

"Semoga Riau bisa menuju medali emas PON. Kami sampaikan bahwa prestasi ini kami dapatkan karena dukungan luar biasa dari Pengprov Perbasi Riau dan KONI Riau," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk kekalahan tim putri karena memang lawan yang dihadapi saat babak penyisihan merupakan tim kuat. Sehingga dalam tiga kali main, tim putri gagal meraih kemenangan.

Namun Asman dan jajaran pelatih memberi apresiasi luar biasa kepada semua atlet putri yang sudah tampil maksimal. "Putri juga tim hebat, jangan kendor semangat, terus tingkatkan prestasi," katanya.

Seperti diketahui, Pra PON cabor basket mempertandingkan 4 kategori yakni 3x3 putra-putri, dan 5x5 putra-putri. Namun basket Riau hanya mengirimkan kategori 3x3 putra-putri saja. Riau tidak mengirim tim kategori 5x5 karena keuangan KONI Riau selaku penanggung jawab Pra PON Riau tidak memungkinkan. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved