Berita Riau

Aksi Dipicu Peralatan Muhadaroh Tak Siap, Siswa MAN I Teluk Kuantan Riau Gelar Aksi Mogok Belajar

Mogok belajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Teluk Kuantan, Kuansing masih berlanjut, Selasa (20/8/2019).

Aksi Dipicu Peralatan Muhadaroh Tak Siap, Siswa MAN I  Teluk Kuantan Riau Gelar Aksi Mogok Belajar
Istimewa
Murid MAN I Teluk Kuantan, Kuansing, Riau menggelar aksi mogok belajar sejak Jumat (16/8/2019) hingga Senin (19/8/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Mogok belajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Teluk Kuantan, Kuansing masih berlanjut, Selasa (20/8/2019).

Ini menjadi hari ketiga mogok belajar dilakukan para siswa.

"Masih mogok belajar," kata Ketua OSIS MAN I Teluk Kuantan, Reyhan Islami, Selasa (20/8).
Mogok belajar dimulai Jumat pekan lalu (16/8/2019). Berlanjut pada Senin (19/8) hingga Selasa.

Mogok belajar Jumat lalu itu bermula dari aksi protes para siswa akan menggelar muhadaroh. Kegiatan muhadaroh ini digelar setiap Jumat. Isi kegiatannya seperti siswa tampil ceramah, mengaji dan terjemahan.

Para siswa kesal karena peralatan belum siap untuk acara muhadaroh. Siswa juga kesal karena merasa dioper-oper.

Siswa sudah mengadu ke Kepsek Rini Susanti. Namun, tidak ada solusi. Hingga akhirnya protes pun dilakukan para siswa.

Akibat protes, kegiatan muhadaroh batal dilaksanakan. Bukan hanya itu. Kegiatan belajar mengajar juga terganggu. Terutama untuk kelas XII, sebagian tidak belajar akibat hal ini.

Direncanakan mogok belajar akan berlangsung selama sepekan ini. Namun melihat perkembangan saat ini, mogok belajar bisa selesai lebih cepat.

Kepsek MAN I Teluk Kuantan, Kuansing, Riau, Rini Susanti membenarkan anak didiknya menggekar aksi mogok belajar hari ini, Senin (19/8/2019).
Murid MAN I Teluk Kuantan, Kuansing, Riau menggelar aksi mogok belajar. (Istimewa)

Reyhan Islami mengatakan, jajaran wakil kepala sekolah sudah rapat dengan Kemenag Kuansing beserta pegawai lainnya menggelar rapat. Tentunya membahas permasalahan MAN I Teluk Kuantan ini.

"Hari ini disambung lagi rapatnya," ujarnya.

Selain itu, Kamis nanti (22/8/2019) rapat dengan wali murid juga akan digelar.

Kepsek MAN I Teluk Kuantan, Rini Susanti mengimbau kepada para siswanya untuk kembali ke madrasah dan belajar seperti biasa.

"Jika ada yang ingin disampaikan silakan disampaikan dengan cara-cara baik, santun dan sopan selayaknya seorang siswa madrasah," pintanya.

Rini Susanti merupakan kepsek yang tidak diinginkan para siswa MAN 1 Kuansing. Sebab, para siswa MAN 1 Kuansing sempat menolak Rini sebagai Kepsek. Penolakan berlangsung selama hampir sepekan lewat mogok belajar.

Kemenag Kuansing tetap dengan keputusannya Rini Susanti sebagai Kepsek di sekolah tersebut. Lewat mediasi dari Kemenag Kuansing, permasalahan Rini dan siswa MAN 1 bisa selesai walau harus disertai dengan surat perjanjian. (Tribunpekanbaru.com/palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved