Berita Riau

Polisi Usut Pelaku Karhutla, Angin Kencang Sulitkan Petugas Padamkan Api di Rambah Tengah Barat

Lahan masyarakat yang telah diimas tumbang dilaporkan terbakar pada Senin sore (19/8/2019). Mendengar informasi, tim gabungan langsung menuju lokasi.

Polisi Usut Pelaku Karhutla, Angin Kencang Sulitkan Petugas Padamkan Api di Rambah Tengah Barat
istimewa
Tim satgas berjibaku memadamkan api di Desa Rambah Tengah Barat. Lahan masyarakat yang telah diimas tumbang dilaporkan terbakar pada Senin sore (19/8/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Tim Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berhasil memadamkan api yang menghanguskan lahan seluas 1 hektare di Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah.

Lahan masyarakat yang telah diimas tumbang dilaporkan terbakar pada Senin sore (19/8/2019). Mendengar informasi, tim gabungan langsung menuju lokasi.

Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasyim Risahondua, melalui Kapolsek Rambah AKP Hermawan mengungkapkan, kuatnya tiupan angin sempat menyebabkan tim gabungan dari
Koramil 02 Rambah Kodim 0313/ KPR, personel Polsek Rambah, dan BPBD Kabupaten Rohul, kewalahan memadamkan api.

Sedikitnya dua mobil pemadam kebakaran milik BPBD, serta mobil milik Satpol PP dan Damkar Rohul ikut diturunkan untuk membantu proses pemadaman api.

"Lahan yang terbakar di Desa Rambah Tengah Barat diduga sengaja dibakar," katanya, Selasa (20/8/2019).

AKP Hermawan menuturkan, polisi tengah melakukan penyelidikan dan mencari tahu siapa pemilik dan pelaku pembakaran lahan tersebut.

"Jika terbukti kita akan tindak tegas pemilik dan pelakunya. Untuk kepentingan penyelidikan, lahan yang terbakar sudah kita pasangi garis polisi," tegasnya.

Sementara, Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery Samosir menerangkan kebakaran lahan di Desa Rambah Tengah Barat, sudah berhasil dipadamkan berkat kerjasama tim.

Koptu Dedy mengungkapkan, kebakaran lahan ini diketahui saat tim gabungan tengah patroli gabungan di wilayah Kecamatan Rambah.

"Kita sangat berharap kepada masyarakat tidak membakar lahan lagi, karena dampak yang ditimbulkan juga sangat berbahaya," harapnya.

Pihaknya akan terus melakukan patroli gabungan guna mencegah terjadinya karlahut di Kecamatan Rambah.

"Jika masyarakat mendapati ada kebakaran lahan segera laporkan kepada kami, agar segera di padamkan dan diusut lebih lanjut,"ucap Koptu Dedy. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved