Update! Target 2024 Pindah, Jokowi Ungkap Dua Provinsi Ini Dipastikan Jadi Kandidat Ibu Kota Baru

Pemerintahan era Presiden Joko Widodo serius akan lakukan pemindahan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Update! Target 2024 Pindah, Jokowi Ungkap Dua Provinsi Ini Dipastikan Jadi Kandidat Ibu Kota Baru
Tribun Kaltim
Update! Target 2024 Pindah, Jokowi Ungkap Dua Provinsi Ini Dipastikan Jadi Kandidat Ibu Kota Baru 

Belum lama ini, di Pulau Kalimantan teradapat tiga kandidat yang masuk dalam radar calon Ibu Kota Baru, yakni Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan KalimantanSelatan. 

Sejauh ini Ibu Kota Baru di Pulau Kalimantan masih misterius, Presiden Joko Widodo belum pastikan provinsi mana yang menjadi tempat pemindahan ibu kota RI, dari Jakarta. 

Namun kabar terbaru, kali ini kandidat yang kuat untuk menjadi Ibu Kota Baru RI di wilayah Pulau Kalimantan telah mengerucut menjadi dua. 

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, di Jakarta, saat dalam wawancara seorang jurnalis MetroTV yang tersiar dalam YouTube Channel MetroTV, Sabtu (17/8/2019).

Saat ditanya mengenai kenapa Presiden Joko Widodo belum umumkan konkrit Ibu Kota Baru di Kalimantan, tentu ada pertimbangan lain dari Presiden Joko Widodo. 

Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, suatu saat akan diumumkan Ibu Kota Baru. Presiden Joko Widodo tidak ingin tergesa-gesa tetapi cepat dieksekusi, pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan. 

"Kita akan umumkan nanti kalau kajiannya sudah selesai. Tetapi kita ingin tidak bocor terlebih dahulu," ujar Presiden Joko Widodo. 

Hal yang paling ditakutkan Presiden Joko Widodo dalam hal pemindahan ibu kota yakni soal terjadinya inflasi tanah secara liar dan mengkhawatirkan. 

"Nanti tanah-tanah harganya jadi naik. Pengusaaan lahan yang tidak semestinya terjadi. Agar pemindahan ibu kota bisa berjalan baik," kata Presiden Joko Widodo. 

Soal pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan tentu saja sudah mendapat respon dari masyarakat, kalangan wakil rakyat dan tentu saja nanti juga butuh payung hukumnya. 

Halaman
1234
Editor: Hendri Gusmulyadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved