Berita Riau

Asap Makin Tebal di Pasirpangaraian, BPPD Rohul Riau Bagikan 1.500 Masker

BPBD Rohul Riau membagikan masker kepada para pengendara dan anak sekolah seiring makin tebalnya kabut asap di daerah itu, Rabu (21/8/2019).

Asap Makin Tebal di Pasirpangaraian, BPPD Rohul Riau Bagikan 1.500 Masker
Tribun Pekanbaru
BPBD Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Membagikan 1500 Masker kepada Pengendara dan Anak Sekolah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu (Rohul) membagikan masker kepada para pengendara dan anak sekolah seiring makin tebalnya kabut asap di daerah ini, Rabu (21/8/2019).

Lokasi pembagian masker, yaitu simpang empat Taman Kota Pasirpangaraian, tepatnya di traffic light, dan di depan SDN 001 Rambah.

Plh Kepala Pelaksana BPBD Rohul, Afrizal menyebutkan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mencegah terjadinya ISPA.

Dia menilai kondisi kabut asap yang diduga kiriman dari kabupaten tetangga sudah mulai mengganggu, dan harus segara dilakukan langkah pencegahan.

Afrizal mengungkapkan, ada sekitar 1.500 masker yang dibagikan di Kecamatan Rambah.

"Kita bagikan di taman kota dan depan Islamic, jumlahnya 1.500 buah. Kita melihat asap sudah mulai tebal, dan bisa menggangu pernapasan saat beraktivitas di luar rumah," sebutnya.

Saat ini, stok masker di kantor BPBD tinggal sekitar 5.000-an, sehingga perlu dilakukan penambahan.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Rohul untuk membagikan masker. Selain itu, Afrizal meminta kepada perusahaan swasta dan pengusaha ikut berperan dan mencegah kabut asap ini, apakah dengan pengadaan masker atau bantuan lain.

Diungkapkan Afrizal, saat ini titik api di Rohul nihil. Memang beberapa hari yang lalu ada beberapa titik api, namun bisa ditanggulangi bersama tim gabungan.

Dia menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena bisa dipidanakan.

"Kepada anak-anak kurangi aktivitas atau bermain di luar rumah, karena asap sudah mulai tebal, meskipun belum terlalu berbahaya, tapi perlu diwaspadai," imbau Afrizal. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved