Citizen Report

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Toga untuk Warga

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) tahun 2019 menggelar lomba kebersihan lingkungan dan Toga untuk warga

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Toga untuk Warga
Tribun Pekanbaru/Istimewa/Muhammad Heriansyah
Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Toga untuk Warga 

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Toga untuk Warga

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZENJOURNALISM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) tahun 2019 menggelar lomba kebersihan lingkungan dan Toga untuk warga.

Lomba ini bekerja sama dengan ibu-ibu PKK melaksanakan lomba kebersihan lingkungan dan toga antar RT dalam rangka memperingati hari proklamasi yang dilaksanakan di Desa Bukit Jaya , Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Minggu (4/8/2019).

Baca: JADWAL LENGKAP Pelantikan Anggota DPRD Riau dan DPRD Kabupaten dan Kota, Siapa Ketua DPRD Riau?

Baca: PENGAKUAN Istri Anggota TNI di Riau yang Ditinggal Tugas ke Atambua, Baru Pertama Kali Ditinggalkan

Baca: Karhutla di Riau Akibatkan KABUT ASAP di Riau dan Udara TIDAK SEHAT di Inhu, Warga Kurangi Aktifitas

Baca: HAKIM di Riau Perintahkan JPU untuk PANGGIL PAKSA Saksi yang Mangkir Sidang Kasus Aktivis Koto Aman

Baca: Empat Orang ASN dan Dua Honorer di Riau TERCIDUK Satpol PP di Kedai Kopi Saat Jam Kerja

Desa Bukit Jaya merupakan desa yang mempunyai motto yaitu “Bersih dan Beriman”.

Oleh karena itu mahasiswa KUKERTA UNRI mengadakan lomba kebersihan lingkungan tersebut.

“Lomba ini mengenalkan kepada masyarakat agar masyarakat setempat bisa lebih menjaga kebersiham lingkungan dan toga nya sesuai dengan motto desa tersebut. Lomba ini juga sangat  penting dilaksanakan guna menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan nya. Setiap warga diharapkan bisa menjaga lingkungan minimal di lingkungan tempat tinggal nya. Dalam hal ini diharapkan bisa dijadikan motivasi oleh masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan tersebut” ujar Koordinator Desa KUKERTA UNRI Desa Bukit Jaya," UNGKAP Muhammad Heriansyah.

TOGA ( tanaman obat keluarga) merupakan tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat-obatan tradisional yang dikelola langsung oleh masyarakat tersebut.

Mengingat pada saat ini banyak menggunakan obat-obatan yang instan oleh karena itu dalam lomba ini masyarakat ini diminta untuk menanam obat-obatan tradisional seperti kencur, jahe, kunyit, lengkuas, dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan lingkungan dan toga bisa meningkatkan kekompakan dan silaturrahmi antar warga, mengingat pada saat ini banyaknya kesibukan setiap warga.

Baca: SPA di Riau Diduga Dijadikan Tempat PROSTITUSI, Ketua LAMR Minta Telusuri Agar Tidak Resahkan Warga

Baca: Mahasiswa Riau Geruduk Kantor BJB Pekanbaru, Minta Transparan Terkait Dugaan KEJAHATAN PERBANKAN

Baca: Menteri Pariwisata Umumkan dengan Pantun, Pacu Jalur di Riau Masuk Kalender Pariwisata Nasional 2020

Adanya lomba tersebut masyarakat bisa melakukan gotong royong untuk kebersihan lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Adapun kriteria lomba kebersihan dan toga tersebut adalah kebersihan lingkungan sekitar, adanya toga di setiap RT, Adanya tong sampah, adanya buku administrasi dan kreatifitas.

Lomba kebersihan lingkungan dan toga diikuti oleh 18 RT se Desa Bukit Jaya.

Adapun yang menjadi pemenang lomba ini adalah RT 003 RW 005 Desa Bukit Jaya yang mendapat hadiah piagam, piala dan uang tunai.

“Desa Bukit Jaya pada saat ini berada pada desa tingkatan inovasi, dan pada tahun 2020 Desa Bukit Jaya diharapkan sudah menjadi desa mandiri. Oleh karena itu untuk menjadi desa yang mandiri Desa Bukit Jaya harus mempunyai lingkungan yang bersih” ujar Kepala Desa Bukit Jaya, Iswanjana.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Toga untuk Warga. (Tribunpekanbaru.com/Citizen Journalism/Muhammad Heriansyah)

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved