Berita Riau

Isi Kapal Berantakan, Setahun Ditambat, KM Banawa Nusantara Terbalik di Selatpanjang Riau

Kapal yang disalurkan oleh Kemenhub RI pertengahan tahun 2018 lalu itu terbalik di Turap Pelindo I Selatpanjang. Lambung kapal dipenuhi air.

Isi Kapal Berantakan, Setahun Ditambat, KM Banawa Nusantara Terbalik di Selatpanjang Riau
istimewa
Kapal KM Banawa Nusantara III yang diterima oleh Pemkab Kepulauan Meranti berada dalam kondisi terbalik di Turap Pelindo I Selatpanjang, Jumat (23/8/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Kapal KM Banawa Nusantara III untuk Pelayaran Rakyat (Pelra) yang diterima oleh Pemkab Kepulauan Meranti berada dalam kondisi terbalik.

Kapal yang disalurkan oleh Kemenhub RI pertengahan tahun 2018 lalu itu terbalik di Turap Pelindo I Selatpanjang. Lambung kapal dipenuhi air, seluruh isi kapal berantakan dan kemungkinan rusak.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti, Aready mengatakan, terendamnya sebagian kapal tersebut akibat hujan yang turun beberapa waktu yang lalu.

"Kapal itu tenggelam akibat hujan lebat yang terjadi pekan lalu. Sehingga air masuk dan menenggelamkan kapal," terang Aready, Jumat (23/8/2019).

Bentuk lambung kapal yang lebih lancip, dikatakan Aready menjadi penyebab mudahnya kapal tumbang ke samping dan tenggelam.

"Kalau kapal-kapal yang ada di sini (Meranti), lambungnya lebih lebar, sehingga tak terlalu goyang," ujarnya.

Aready mengatakan, akan segera mengangkat kapal tersebut sehingga bisa segera dimanfaatkan dan tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

"Kita akan coba menggunakan drum bekas untuk mengangkat kapal. Setelah itu kita kuras air yang masuk ke dalam kapal," terangnya.

Andi, warga yang ditemui di dekat KM Banawa Nusantara III bersandar menyebutkan, tenggelamnya kapal bantuan tersebut bukan karena gelombang, melainkan akibat banyaknya air masuk ke dalam kapal.

Kapal telah lama terbiarkan begitu saja, tanpa adanya perawatan dari instansi terkait yang dipercaya sebagai pengelola.

Halaman
12
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved