Berita Riau

Jalan Sehat BERSARUNG Berhadiah Umroh akan Meriahkan Syukuran Kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau

Jalan sehat bersarung berhadiah umroh akan meriahkan syukuran kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau, dan juga akan ada berbagai lomba lainnya

Jalan Sehat BERSARUNG Berhadiah Umroh akan Meriahkan Syukuran Kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau
Tribun Pekanbaru/Instagram.com/@jokowi.amin
Jalan Sehat BERSARUNG Berhadiah Umroh akan Meriahkan Syukuran Kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau 

Jalan Sehat BERSARUNG Berhadiah Umroh akan Meriahkan Syukuran Kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jalan sehat bersarung berhadiah umroh akan meriahkan syukuran kemenangan Jokowi-Maaruf Amin di Riau, dan juga akan ada berbagai lomba lainnya.

Pertama kali digelar di Riau, akan ada jalan sehat bersarung yang digelar pengurus wilayah Nahdatul Ulama di Riau.

Baca: Petugas Pemadam Karhutla di Riau Bertemu HARIMAU Sumatera, Polisi Imbau Warga Tidak Masuk Hutan

Baca: Terdakwa NARKOBA di Riau Dituntut HUKUMAN MATI Ajukan Pledoi, Bersumpah Siap Terima Azab 7 Turunan

Baca: PEMICU Kasatpol PP Pekanbaru CEKCPOK dengan Kabid Pemberantasan BNNP Riau, Ada Ancaman Tembak?

Acara ini untuk menyemarakkan hari santri dan memeriahkan HUT RI ke 74, HUT Bhayangkara dan perayaan kemenangan Jokowi-Maaruf dalam Pemilu 2019.

''Harusnya kegiatan ini kami laksanakan 25 Agustus. Namun, setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), beliu menyampaikan alangkah baiknya kegiatan JSB ini dilaksanakan pada peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober. Kami (PWNU Riau, red) sepakat untuk mengubah jadwal pelaksanaan JSB pada 27 Oktober mendatang,'' ujar Ketua Pengurus Wilayah Nahdalatul Ulama (PWNU) Provinsi Riau, T Rusli Ahmad kepada tribunpekanbaru.com Jumat.

Rusli menambahkan, jalan sehat bersarung berhadiah 5 tiket umrah itu dijadwalkan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Wapres RI KH Maaruf Amin dan Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj.

Tak hanya Jalan Sehat Bersarung, PWNU Riau juga akan menggelar kegiatan Bertajuk Festival Riau Santri 2019.

ada sejumlah kegiatan yang dihelat pada festival tersebut, seperti Lomba Pidato Kebangsaan, Lomba Dai Aswadja, Hafiz Alquran, Lomba Baca Alquran, Shalawat Tradisional, Shalawat Moedr, Syair Barzanji, Kaligrafi, Fashion Muslim hingga wisata kuliner.

''Melalui kegiatan Jalan Sehat Bersarung itu, kami ingin merajut kembali silahturrahmi ukhuwah Islamiah antar Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, birokrat, TNI/POLRI, pengurus masjid, majelis taklim, pondok pesantren, mahasiswa, OSIS dan masyarakat. Intinya, pesta demokrasi telah usai, mari kita jaga keutuhan NKRI, mari kita bersatu kembali demi kemajuan bangsa yang dicintai,'' jelas Rusli Ahmad yang juga politisi PDIP tersebut.

Baca: Ini TAHAPAN Lengkap Pilkada Riau 2020, Pilkada Serentak 9 Kabupaten dan Kota di Riau, Anggarannya?

Baca: RAZIA Tempat Gelper, Satpol PP Pekanbaru Dapati Pengunjung Masih Bermain di Luar Jadwal Operasional

Baca: STORY Pacu Jalur di Riau Jadi Ajang CARI JODOH, Bujang dan Dara Ikuti Maelo Jalur, Bisa Saling Lirik

Rusli menjelaskan, JSB ini nantinya melibatkan jamaah masjid, majelis taklim dan Ormas-ormas Islam yang ada di Pekanbaru.

Ditargetkan 10.000 peserta bisa meramaikan Jalan Sehat Bersarung tersebut.

''Jalan Sehat Bersarung masih kental dengan budaya Melayu tempo dulu. Dimana masyarakatnya yang relatif banyak menggunakan sarung dalam beraktifitas pada pekerjaaan sehari-hari. Termasuk untuk beribadah. Sehingga, biasanya orang yang bersarung itu merupakan orang yang tawadu' dan istiqamah," jelas Rusli.

Hal tersebut kata Rusli Ahmad, sejalan dengan program pemerintah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat yang tidak terlepas dari usaha melestarikan budaya melayu yang hampir tertinggalkan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan silahturrahmi ukhuwah Islamiyah antar sesama,'' ujarnya.

Mengingat acara ini cukup langka dan unik, Rusli berharap kegiatan Jalan Sehat Bersarung dan giat kaligrafi bisa menjadi perhatian dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Namun, lebih dari itu tentu diharapkan kegiatan JSB bisa meningkatkan rasa persatuan, kesatuan dan persaudaraan antar sesama masyarakat.

Baca: STORY Petugas Pemadam Karhutla di Riau, Bertemu Kawanan HARIMAU Sumatera hingga Ular King Cobra

Baca: TERUNGKAP Pria Berkacamata yang Tantang Kasatpol PP Pekanbaru di Tempat Hiburan Malam Adalah Polisi

Baca: Razia Jam Operasional Tempat HIBURAN MALAM di Pekanbaru, Kasatpol PP Ditantang Pria Berkacamata

Semuanya dengan tujuan kemajuan bangsa.

''Kami mengundang Pak Presiden untuk ikut serta hadir. Kata beliau, lihat jadwal dulu lah. Kalau tidak ada halangan, beliau akan berupaya ikut hadir. Sementara itu, untuk kehadiran Wapres RI, KH Maaruf Amin, InsyaAllah beliau siap hadir. Apalagi beliau merupakan Rais AM PBNU,'' tegas Rusli Ahmad.

Jalan Sehat BERSARUNG Berhadiah Umroh akan Meriahkan Syukuran Kemenangan Jokowi-Maaruf di Riau. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved