Artikel

Menjadikan Revolusi Mental Tidak Sebatas Wacana

Hanya ada dua kekuatan didunia ini yang sulit terkalahkan yaitu pedang dan pikiran, dan fakta membuktikan bahwa pedang pun selalu terkalahkan

Menjadikan Revolusi Mental Tidak Sebatas Wacana
Tribun Pekanbaru/Istimewa/Youtube
Menjadikan Revolusi Mental Tidak Sebatas Wacana 

Menjadikan Revolusi Mental Tidak Sebatas Wacana

Direktur Utama Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari

Oleh: DR. Irvandi Gustari MBA
( Akademisi & Praktisi Perbankan)

Hanya ada dua kekuatan didunia ini yang sulit terkalahkan yaitu pedang dan pikiran, dan fakta membuktikan bahwa pedang pun selalu terkalahkan oleh pikiran, begitulah ucapan dari  Kaisar Perancis legendaris Napoleon Bonaparte pada zaman nya.

Maknanya sangat dalam, dan tentu bicara tentang pikiran maka hal itu ada dalam mental kita.

Oleh Napoleon Bonaparte sering menyatakan bahwa dalam sejumlah peristiwa yang ada didunia  dari masa ke masa, bahwa  runtuhnya peradaban suatu bangsa bisa dipastikan sebagian besar akibat kerusakan mental bangsa itu sendiri yang melemahkan nilai nilai inti dari ketahanan nasionalnya sendiri.

Bisa dihitung dengan jari kehancuran suatu bangsa yang diakibatkan oleh perang fisik antara dua negara.

Dari sejarah dunia  sudah menjadi referensi dari para  pemimpin dunia bahwa untuk memenangkan suatu peperangan, kunci utamanya bukanlah terletak pada kekuatan senjata, melainkan pada kekuatan mental. 

Pesan moral dari Napoleon Bonaparte ini memang sangat filosophis dan masuk dalam logika nalar kita.

Pembahasan tentang revolusi mental sebenarnya bukanlah yang baru yang di dengang - dengungkan baru-baru ini, dan kita semuanya tentu paham bahwa salah satu dari 7 Agenda Pembangunan RPJMN IV Tahun 2020-2024 juga memuat tentang : Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

Bahkan Pada Desember 2016, Presiden mengeluarkan Inpres No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Halaman
123
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved