Berita Riau

Udara Tidak Sehat, Warga Riau Diimbau Pakai Masker ke Luar Rumah

Semakin pekatnya kabut asap di Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah.

Udara Tidak Sehat, Warga Riau Diimbau Pakai Masker ke Luar Rumah
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah murid SDN 29 dan 67 Jalan H Imam Munandar Pekanbaru menggunakan masker saat belajar di halaman sekolah, Rabu (31/7/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Udara Tidak Sehat, Warga Riau Diimbau Pakai Masker ke Luar Rumah

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Semakin pekatnya kabut asap di Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah.

Khususnya untuk anak-anak balita, lansia dan ibu hamil. Sebab mereka sangat rentan terkena penyakit akibat udara yang terpapar kabut asap.

"Jika ISPU sudah berada dilevel 100 sampai 200 itu memang kelompok yang paling rentan terkena dampaknya itu ibu hamil, bayi, balita, anak pra sekolah dan lasia. Kita sarankan mereka berakrifitas di dalam rumah," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Yohanes, Minggu (25/8/2019).

Baca: BREAKING NEWS - Siang Ini Minggu 25 Agustus Kualitas Udara di Riau Tidak Sehat, Jarak Pandang Turun

Baca: Kebakaran Hutan di Riau, Pompa Mesin Mobil Damkar Meranti Rusak Dipaksa Angkut Air Laut

"Kalau terpaksa keluar pakailah masker, itu kita sampaikan ke seluruh Puskemas kabupaten kota dan rumah sakit," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada Puskemas dan sekolah yang membutuhkan masker untuk mengambil masker ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta kepada seluruh Puskemas dan Rumah Sakit yang ada di Riau untuk segera menolong para pasien yang terkena penyakit akibat dari kabut asap.

"Kita sudah buat surat edarannya, jadi kalau ada yang sakit silahkan langsung ke Puskemas, itu gratis tidak dipungut biaya. Kami sudah minta agar warga yang terkena dampak asap ini diprioritaskan," ujarnya.

Yohanes mengungkapkan, sudah banyak sekolah yang meminta masker dan sudah dikirim ke sekolah-sekolah.

Baca: Migas, Sawit Tak Bisa Diandalkan, Gubernur Riau Ungkap Sektor Potensial Lain di Acara Bincang Bisnis

Baca: Bakar Tumpukan Sampah di Kebunnya di Siak, Kakek 65 Tahun Warga Riau Ditangkap Polisi

Jika masih ada lembaga yang membutuhkan masker pihaknya meminta agar mengajukan permintaan ke dinas kesehatan provinsi Riau.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved