Kempo Riau Belum Sekalipun Uji Coba Jelang Porwil dan Pra PON 2019

Perkemi Riau berharap KONI Riau menganggarkan dana untuk atlet kempo Riau mengikuti pertandingan uji coba, minimal mengikuti sekali kejuaraan.

Kempo Riau Belum Sekalipun Uji Coba Jelang Porwil dan Pra PON 2019
tribun pekanbaru
Atlet kempo Riau belum sekalipun menggelar uji coba, untuk persiapan mengikuti Porwil Sumatra dan Pra PON 2019. 

tribunpekanbaru.com - Cabor kempo Riau sudah dua kali gagal mengikuti uji coba jelang tampil di Porwil Sumatra, dan Pra PON di Banjarmasin.

Terakhir, Pengprov Perkemi Riau tak jadi mengirim atlet ke Jakarta untuk mengikuti kejuaraan kempo yang dihelat Pengprov Perkemi DKI Jakarta akhir Juli lalu, karena tidak ada dana.

Sekum Perkemi Riau, Vera Taurensia, Selasa (27/8) menjelaskan, uji coba sangat berguna bagi atlet yang menghuni Pelatda saat ini. Praktis sejak latihan persiapan Pra PON dan Porwil sejak beberapa bulan lalu, atlet kempo Riau belum pernah sekali pun mengikuti uji coba.

"KONI alasannya tak ada anggaran. Padahal cabang beladiri seperti kempo ini perlu sekali uji coba. Karena ini ajang untuk melihat peningkatan prestasi atlet. Apalagi sudah digelar TC Berjalan sekarang," papar Vera kepada Tribun.

Terkait kondisi ini, jajaran Perkemi Riau berencana berkoordinasi kepada KONI Riau. Sebab masih ada beberapa kejuaraan kempo lagi di Indonesia yang akan digelar. Setidaknya, Perkemi Riau berharap bisa mengikuti satu kejuaraan saja.

"Maunya ada anggaran dari KONI untuk uji coba ini. Tapi sayangnya tidak ada. Kita berharap lah ada uji coba yang bisa diikuti anak-anak jelang Porwil, demi merealisasikan target medali," tambah Vera.

Mengenai persiapan tim, Vera menjelaskan, para atlet terus intens melaksanakan latihan setiap hari. Bahkan pada Sabtu (31/8) mendatang, para akan berlatih gabungan bersama atlet pelatda kempo di Bengkalis.

"Seiring dengan latihan, kita juga akan serahkan kepada pelatih dan atlet anggaran TC Berjalan dari KONI Riau," sebutnya.

Saat ini, latihan atlet Pelatda Kempo Riau dibagi di dua tempat yaitu di Pekanbaru dan Bengkalis. Pembagian ini dilakukan karena atlet yang akan dikirim ke Porwil di Bengkulu dan Pra PON, didominasi atlet asal Pekanbaru dan Bengkalis.

Sebelumnya, KONI Riau memberi target kepada kempo sebagai cabang baru di Porwil agar bisa mempersembahkan medali untuk Riau. Gayung bersambut, target tersebut disanggupi jajaran pelatih dan pengurus Perkemi Riau.

"Apalagi ini untuk dapat tiket ke PON Papua. Kita pastikan atlet punya daya juang tinggi untuk mendapatkan tiket PON tersebut," tambahnya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved