Wapres Jusuf Kalla Tidak Yakin Ibu Kota Negara Bisa Mulai Pindah ke Wilayah Kaltim Pada 2024

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut proses pemindahan ibu kota RI ke wilayah Kalimantan Timur memerlukan proses panjang.

Wapres Jusuf Kalla Tidak Yakin Ibu Kota Negara Bisa Mulai Pindah ke Wilayah Kaltim Pada 2024
TRIBUNNEWS/RINA AYU PANCA RINI
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (27/8/2019). 

Wapres Jusuf Kalla Tidak Yakin Ibu Kota Negara Bisa Mulai Pindah Pada 2024

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut proses pemindahan ibu kota RI ke wilayah Kalimantan Timur memerlukan proses panjang.

Baginya, tenggat waktu 2024 terlalu cepat untuk merealisasikan hal itu.

 

Jusuf Kalla menilai, panjangnya proses pembahasan payung hukum di DPR kemudian kajian lebih intensif berbagai sektor juga tentu memakan waktu lama.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat ditemui di kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

"Ya tentu diusahakan. Namun karena prosedurnya panjang dan dalam waktu 4 tahun, terkecuali dipercepat. Tapi ini juga langkah-langkahnya harus sesuai aturan," ujar Jusuf Kalla.

Baca: Niat dan Tata Cara Puasa Asyura 10 Muharram Bertepatan dengan 10 September 2019

Apalagi, kata Jusuf Kalla, persoalan pemindahan pusat pemerintahan ini bukan hal main-main, perlu pemikiran dan pertimbangan matang serta mengikuti tahapan yang sesuai.

"Kita ingin ibu kota yang baik, tentu perencanaannya juga harus baik. Dan juga perlu dipertimbangan dengan hati-hati," katanya.

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro, memprediksi, pemindahan ibu kota Republik Indonesia akan dimulai pada 2024.

Ia menuturkan, ada sejumlah tahapan yang perlu dirampungkan selama tahun 2020 seperti, menyiapkan naskah akademik RUU, master plan, urban planning, field desain, desain bangun dasar, hingga lahan.

Halaman
123
Editor: M Iqbal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved