Berita Riau

Olah Buah Kedabu Jadi Sirup Segar, Berharap Jadi Produk Andalan Desa Baran Melintang Meranti Riau

Buah kedabu atau mangrove diolah menjadi sirup segar oleh mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Riau di Desa Baran Melintang.

Olah Buah Kedabu Jadi Sirup Segar, Berharap Jadi Produk Andalan Desa Baran Melintang Meranti Riau
istimewa
Kades Baran Melintang bersama mahasiswa KKN dari Universitas Riau membuat sirup dari buah kedabu beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Pemerintah Desa (Pemdes) Baran Melintang kembangkan produksi sirup yang dihasilkan dari buah kedabu atau mangrove yang dibuat oleh mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Riau di desa ini.

Pemanfaatan buah kedabu ini sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita dari Pemdes Baran Melintang akan coba kembangkan sirup dari buah kedabu itu," terang Kades Baran Melintang Penti Kurniawan, Rabu (28/8/2019).

Dia berharap, sirup dari buah kedabu bisa menjadi satu produk unggulan desa setelah terasi.
"Insya Allah, produk sirup ini akan menjadi penghasilan dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Desa Baran Melintang," harapnya.

Atas inovasi yang dibuat mahasiswa KKN ini, pemerintah desa setempat akan melakukan uji coba skala lokal melalui home industry terlebih dahulu.

"Saya berharap ini bisa dikembangkan. Kita akan uji coba lokal terlebih dahulu sambil mengenalkan sirup ini lebih jauh. Saya yakin sirup ini bisa berkembng dan mampu menembus pasar jika dikemas secara baik," tambahnya.

Anggota DPRD Kepulauan Meranti Darsini mengapresiasi atas inovasi yang dibuat para mahasiswa KKN tersebut. Menurutnya inovasi itu sangat baik bermanfaat.

Selain dikonsumsi menjadi minuman segar, olahan berbahan dasar buah kedabu menjadi sirup itu dapat menjadi penghasilan masyarakat desa setempat dan juga bisa menambah pendapatan asli desa.

"Ini bisa bernilai ekonomi dan menjadi pendapatan masyarakat di desa tersebut apabila dikembangkan dengan baik," ujar Darsini. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved