Berita Riau

Penyandang Disabilitas Antre Tunggu Kaki dan Tangan Palsu dari Dinsos P3A Rohul Riau

Tahun 2019 ini,Dinsos P3A Rohul menyalurkan bantuan kaki palsu dan tangan palsu kepada 4 penyandang disabilitas dari empat desa.

Penyandang Disabilitas Antre Tunggu Kaki dan Tangan Palsu dari Dinsos P3A Rohul Riau
istimewa
Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Rohul, April Liyadi. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bantuan kaki dan tangan palsu terbatas, penyandang disabilitas harus antre untuk mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Dinsos Kabupaten Rohul melalui Sekretaris April Liyadi, Rabu (28/8/2019) mengungkapkan, setiap tahun pengadaan terbatas, hanya 3 atau 4 unit per tahun.

Seperti tahun 2019 ini, ujar April, Dinsos P3A Rohul menyalurkan bantuan kaki palsu dan tangan palsu kepada 4 penyandang disabilitas dari empat desa.

Yakni, warga Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara, warga Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto, warga Surau Tinggi Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, dan warga Desa Kabun Kecamatan Kabun.

Keempat penerima kaki dan tangan palsu ini, telah dibawa ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Fisik Prof Dr Soeharso Surakarta di Solo, Jawa Tengah selama empat hari.

Mereka harus menjalani training dan latihan, termasuk memastikan ukuran kaki atau tangan palsu yang dibuat.

"Antrean ada enam lagi yang bisa diakomodir. Kami hanya bisa akomodir tiga orang per tahun karena mahalnya anggaran," ujarnya.

Selain itu, jelas April, setiap tahun Dinsos P3A Rohul juga menganggarkan dana untuk menyediakan 10 unit alat bantu dengar. Namun untuk tahun ini belum diajukan untuk pencairan.

"Selain itu, ada juga bantuan kursi roda 20 unit per tahun,”ungkapnya.

April menerangkan, untuk menerima bantuan, penyandang disabilitas harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved